Manajemen Pembelajaran Integralistik

  • Muhammad Rizal Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Manajemen, Pembelajaran, integralistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran perencanaan, pelaksanaan, dan  evaluasi Pembelajaran Integralistik di SDN Kompleks Ikip I Makassar. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui gambaran pembelajaran integralistik dengan unsur-unsur pokok yang sesuai dengan butir-butir rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukkan: (1)  gambaran perencanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yang dilakukan oleh guru meliputi; pengembangan prorgram, penyusunan persiapan mengajar, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan prioritas materi yang akan diajarkan, pemilihan metode pembelajaran, pemilihan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran; (2) gambaran pelaksanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru menyajikan urutan pembelajaran secara tepat, memilih bentuk kegiatan pembelajaran yang tepat; (3) gambaran evaluasi pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru memilih dan menyusun jenis evaluasi, melaksanakan kegiatan evaluasi sepanjang proses, mengadministrasikan hasil evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah. Sri. 2003. Pembelajaran Terpadu Implentasi, implementasi paradigma konstrutivistik dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Ganda. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Aunurahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.
Hamalik. Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Hidayah, Nur. 2015. “Integralistik bimbingan konseling dalam pendidikan Karakter siswa di sekolah dasar”. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan.
Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terintegrasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Karim. 2015. “Pengelolaan Pembelajaran Integralistik dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Muhammadiyah Ereng-Ereng Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng”. Tesis. Makassar. Program Pascasarjana Universitas Islam Makassar.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada.
Mahtika, Hanafi. 2006. Ilmu Administrasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Makassar : Badan Penerbit UNM.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompotensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Milwan. 2003. Aanalisis Pelaksanaan Tugas Pengelola Laboratorium IPA SLTP Negeri Kota Kendari. Tesis: PPs UNM.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : rajawali pres
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
…………, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukandi, Ujang, dkk. 2003. Belajar Aktif Dan Terpadu, Apa, Mengapa dan Bagaimana?.Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Sule, Trisnawati, Ernie dan Kurniawan, Saefullah. 2008. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Terry, George. R. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Udin Syaefuddin, dkk. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press.
Uno, B. Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Wahyuningsih. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connetd untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa dalam Belajar Matematika”. Skripsi. Jakarta. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
…………, 2016. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Published
2022-03-31
How to Cite
Rizal, M. (2022). Manajemen Pembelajaran Integralistik. Jambura Journal of Educational Management, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1266
Section
Articles