Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Saluputti Kab. Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata interval nilai kelas VI1 yaitu 21,61% berada pada kategori “Tidak Sulit”. Rata-rata interval nilai kelas VIII yaitu 16,85% berada pada kategori “Cukup Sulit”. Interval nilai kelas IX 13,05% berada pada kategori “Cukup Sulit” rata-rata interval nilai kelas VII-IX yaitu 17%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII-IX di SMP Negeri 1 Saluputti cukup mengalami kesulitan belajar dimasa pandemi covid-19.
Downloads
References
Rohimah. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 4 Palembang. Skripsi. Universitas Surabaya, Palembang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: DEPDIKNAS.
Lestari, F., Marsusinto, Kurniasari, E., Almaas, A. R., Auliya, Z. U., & Rahmawati, F. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 245–253.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospetif. 2(2), 1–10.
Copyright (c) 2022 Sulkifly, Sitti Nurkia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.