Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo
  • Sitti Nurkia SMP Negeri 1 Saluputti
Keywords: Kesulitan, Belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Saluputti Kab. Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  rata-rata interval nilai kelas VI1 yaitu 21,61% berada pada kategori “Tidak Sulit”. Rata-rata interval nilai kelas VIII yaitu 16,85% berada pada kategori “Cukup Sulit”. Interval nilai kelas IX 13,05% berada pada kategori “Cukup Sulit” rata-rata interval nilai kelas VII-IX yaitu 17%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII-IX di SMP Negeri 1 Saluputti cukup mengalami kesulitan belajar dimasa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Refendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Persada, 3(3), 115–120.
Rohimah. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 4 Palembang. Skripsi. Universitas Surabaya, Palembang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: DEPDIKNAS.
Lestari, F., Marsusinto, Kurniasari, E., Almaas, A. R., Auliya, Z. U., & Rahmawati, F. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(3), 245–253.
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Prospetif. 2(2), 1–10.
Published
2022-03-31
How to Cite
Sulkifly, S., & Nurkia, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Educational Management, 3(1), 15-27. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1269
Section
Articles