Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

  • Hidayat Hidayat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nia Martina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan
Keywords: Strategi, Mutu, Lulusan

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di UPT SMA Negeri 9 OKI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang sumber informan utamanya adalah kepala sekolah informan pendukung adalah waka kesiswaan dan guru. Data yang diperoleh dengan motode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu Lulusan  sudah baik, hal ini bisa dilihat dari tahap strategi kepala sekolah antara lain: perencanaan, tahap ini digunakan kepala sekolah untuk menganalisis agar mempermudah dalam meningkatkan mutu lulusan, seperti menganalisis lingkungan internal dan eksternal perumusan strategi Analisis kekuatan perencanaan strategi. Implementasi strategi, implementasi yang dilakukan dalam ini membuat beberapa program yang ditujukan agar menghasilakan mutu lulusan yang dapat bersaing, seperti: pembentukan koordinator penanggung jawab program yang akan memudahkan kepala sekolah dalam mengetahui seruruh kegiatan disekolah Sosialisasi rencana kegiatan program sekolah yang diperlukan untuk mendapatkan dukungan penuh dari pihak yang terkait dan masyarakat sekitar, program unggulan, program unggulan ini berfungsi agar siswa-siswi  dapat menigkatkan mutu lulusan yang berkualitas dan dapat bersaing. Evaluasi, evaluasi yang kepala sekolah lakukan dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu: laporan pelaksanaan program hal ini berguna agar mempermudahkan kepala sekolah dalam melakukan evaluasi, evaluasi rutin pada  proses pembelajaran evaluasi ini yang dilakukan guru dengan mengadakan kuis, ulangan harian uts dan uas. Kendala yang dihadapi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu: Guru mengajar tidak sesuai dengan bidangnya, masih terdapat guru yang tidak disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andai, Juarni. 2019. Perencanaan Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMA Negeri 1 Luwu Utara. Palopo: IAIN Palopo.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Barlian, Ikbal. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Esensi Erlangga Grup.

Basrowi dan Suwand. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

David, Fred. 2011. Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Selemba Empa.

Depdinas. Permendiknas No. 78 Tahun 2008 Tentang Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2008/2009.

Fauzi Ismail, Wakil Kesiswaan UPT SMA Negeri 9 OKI, Wawancara, Tanjung Lubuk, 23 Desember 2021

Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fuzan. 2012. Merodelogi Penilitian kualitatif. Jakarta Ar-Ruzz Media.

Hasan Basri. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Helmawati. 2014 Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah melalui Managerial Skills. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hunger, David & Wheelen, Thomas L. 2013. Manajemen Strategi, Yogyakarta: Andi.

Kuncono, M. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Muntohar, P. M. (2014). Manajemen Mutu Sekolah:Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2022-03-31
How to Cite
Hidayat, H., & Martina, N. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 3(1), 44-54. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i1.1272
Section
Articles