Pengelolaan Layanan Ekstrakurikuler

  • Nisrinah Nisrinah Universitas Negeri Makassar
  • Sumarlin Mus Universitas Negeri Makassar
  • Syamsurijal Basri Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pengelolaan Layanan Ekstrakurikuler

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengelolaan layanan ekstrakurikuler. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ekstrakurikuler melalui rapat kerja, program kerja berupa silabus dibuat oleh pengajar/pembina, ketentuan dibentuknya ekstrakurikuler berdasarkan hasil rapat membahas jenis kegiatan yang akan dijalankan disesuaikan kebutuhan peserta didik, tidak ada kriteria khusus pembentukan pengurus tetapi dibebankan kepada guru yang mempunyai kapabilitas dan mampu mengatur ekstrakurikuler dengan baik, untuk pengajar/pembina merupakan guru dari luar sekolah, sapras sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah. Pelaksanaan ekstrakurikuler sebagaimana sudah dijadwalkan dilaksanakan diluar jam pelajaran. Pemantauan kegiatan dilakukan oleh penanggungjawab dengan tetap dibawah koordinasi kepala sekolah dan kepala urusan kesiswaan. Masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan kegiatan diselesaikan/dicarikan solusi secara musyawarah. Pengevaluasian ekstrakurikuler dilaksanakan setiap akhir semester dilakukan oleh penanggungjawab ekstrakurikuler sesuai dengan indikator pengevaluasiannya yakni evaluasi jenis kegiatan, evaluasi pengajar/pembina, dan evaluasi peserta didik. Tindak lanjut yang dilakukan adalah apabila ada ekstrakurikuler yang tidak berjalan maka akan diganti dengan ekstrakurikuler lain, pengajar/pembina yang kinerjanya bagus ada perpanjangan kontrak namun sebaliknya akan diberhentikan sesuai dengan masa habis kontraknya kemudian pihak sekolah membuka kembali open recruitment, dan bagi peserta didik sebagai nilai pada rapor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miles, Huberman, & Saldana (Ed.). (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata, S. (2003). Metodeologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Suryosubroto, B. (2005). Tata Laksana Kurikulum. PT Rineka Cipta.
Taufik, R. (2015). Manajer Pendidikan: Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Volume 9 Nomor 4, 494–504.
Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. PT Bumi Aksara.
Usman. (2006). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Kencana Pren ada Media Group.
Zaironi, M. (2021). Tesis Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang (Studi Multi Situs di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang). Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Published
2022-09-30
How to Cite
Nisrinah, N., Mus, S., & Basri, S. (2022). Pengelolaan Layanan Ekstrakurikuler . Jambura Journal of Educational Management, 3(2), 64-74. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i2.1450
Section
Articles