Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi Profesional

  • Devi Rahayu Datuewela universitas negeri gorontalo
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Kelompok Kerja, Guru, Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan KKG dalam peningkatkan profesional guru, (2) pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesional guru, (3) evaluasi KKG dalam peningkatkan profesional guru, (4) tindak lanjut program KKG dalam peningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Jumlah subyek penelitian 39 orang. Tehnik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk kategori sangat baik, (2) pelaksanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan  profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk dalam kategori sangat baik, (3) evaluasi  dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan professional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup  baik, (4) tindak lanjut  dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, J. (2012). Kiat Mengembangkan Bakat Anak Di Sekolah. Diva Press.
Miles, Huberman, & Saldana (Ed.). (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata, S. (2003). Metodeologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Suryosubroto, B. (2005). Tata Laksana Kurikulum. PT Rineka Cipta.
Taufik, R. (2015). Manajer Pendidikan: Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Volume 9 Nomor 4, 494–504.
Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. PT Bumi Aksara.
Usman. (2006). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Kencana Pren ada Media Group.
Zaironi, M. (2021). Tesis Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang (Studi Multi Situs di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang). Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Published
2022-09-30
How to Cite
Datuewela, D. R., Marhawati, B., & Arifin, A. (2022). Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi Profesional. Jambura Journal of Educational Management, 3(2), 94-104. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i2.1776
Section
Articles