Pengelolaan Kelompok Kerja Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi Profesional
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan KKG dalam peningkatkan profesional guru, (2) pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan profesional guru, (3) evaluasi KKG dalam peningkatkan profesional guru, (4) tindak lanjut program KKG dalam peningkatkan profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Jumlah subyek penelitian 39 orang. Tehnik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) perencanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk kategori sangat baik, (2) pelaksanaan dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga termasuk dalam kategori sangat baik, (3) evaluasi dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan professional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik, (4) tindak lanjut dalam pengelolaan kelompok kerja guru dalam peningkatan profesional guru di SDN Gugus Meyambanga dalam kategori cukup baik.
Downloads
References
Miles, Huberman, & Saldana (Ed.). (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata, S. (2003). Metodeologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada.
Suryosubroto, B. (2005). Tata Laksana Kurikulum. PT Rineka Cipta.
Taufik, R. (2015). Manajer Pendidikan: Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Volume 9 Nomor 4, 494–504.
Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. PT Bumi Aksara.
Usman. (2006). Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Kencana Pren ada Media Group.
Zaironi, M. (2021). Tesis Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang (Studi Multi Situs di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang). Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Copyright (c) 2022 Devi Rahayu Datuewela, Besse Marhawati, Arifin Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.