Inovasi Pariwisata melalui Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi dan Subsektor Parekraf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap inovasi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi sesuai dengan kondisi pelaku subsektor pasca pandemi. Penelitian ini mengambil sampel di DIY Yogyakarta sebagai kota kreatif. Hasil wawancara dan observasi yang dilakukan terdapat terdapat 3 kategori pelaku usaha diantaranya Pelaku Sub Sektor Parekraf oportunis, memiliki optimisme dan merasa kewalahan. Bentuk kolaborasi antara Perguruan tinggi pariwisata dan pelaku usaha diantaranya Ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dasar berupa Kompetensi dasar adalah programing, aplikasi, mobile, finance, design, dan legal pendampingan dalam pengajuan Hak Kekayaan Intelektual untuk hasil karya pelaku ekraf; Membuka Program Studi/ Mata Kuliah yang kosentrasi pada Digital Innovation Lounge (DILo) yang bertujuan untuk mencetak dan menumbuhkan sistem digital planer. Rekomendasi penelitian ini bahwa pemerintah Pusat; Provinsi; Dearah meningkatkan fasilitasi kemitraan melalui inisiasi matchmaking pemerintah daerah dengan Perguruan Tinggi.
Downloads
References
Anatan,Lina. 2008. Kolaborasi Universitas-Industri: Tinjauan Konseptual Mekanisme Transfer Pengetahuan Dari Universitas Ke Industri. Jurnal Manajemen, Vol.8, No.1, November 2008.
Boğa, S., & Topcu, M. 2020. Creative Economy: A Literature Review on Relational Dimensions, Challanges, and Policy Implications. Economics, 8(2), 149-169.
Diana., Hakim, Luqman, 2020. Strategi Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri dan Pemerintah : Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan dan Kreatifitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA)
Journal Homepage: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/
ISSN: 2776-1177 (Media Online)
Fitriadi, Y., Novita, W., & Kelana, A. S. 2021. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kuliner di Kota Padang. Jurnal Ekobistek, 10(1), 65-74.
Howkins, John. 2001. Creative Economy : How People Make Money from Ideas. London:Pinguin Global
Kartika, M., & Hendramin. 2018. Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 58-71
Nizam Zakka Arrizal, S Sofyantoro. 2020. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandem Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah. Vol. 2 No. 1, Juni 2020,
Sonnenhawald, D.H, 2006. Sciencetific collaboration: a synthesis of challenges and strategies. Annual Review of Information Science and Technology, 4, 1-37
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta
Sumber Internet: https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id/
Copyright (c) 2023 Darmayasa Darmayasa, Margaretha Wadid Rante, Nursalam Nursalam, Masri Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.