Implementasi Model Tematik Integratif Pada Pembelajaran

  • Mahfudz Mahfudz Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Keywords: Implementasi, Model Tematik Integratif, Pembelajaran

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan bagaimana proses implemetasi model tematik integratif pada pembelajaran PAI di SDN Sereka-Musi Banyuasin, dengan latar belakang bahwa pentingnya penerapan model ini pada level Sekolah Dasar, dengan tujuan untuk bisa menanamkan nilai-nilai karakter terhadap peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dimulai dari reduksi data, kemudian dilanjutkan dengan penyajian data dan diakhiri dengan verifikasi data. Hasil yang diperoleh bahwa implementasi model tematik integratif pada pembelajaran PAI di SDN Sereka sudah dijalankan dengan baik, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan model dan diakhiri dengan penilaian terhadap implementasi dari model tematik integratif tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohman, Jaelani, A., & S, N. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Tema “Aku Dan Kesehatanku” Melalui Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 3.
Alim, Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Musli. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Annur, Saipul. (2018). Metodelogi penelitian pendidikan analisi data kuantitatif dan kualitatif. Palembang: NoerFikri.
DepartemenAgamaRI. (2009). Pedoman Penyusunan Pembelajaran Tematik Pendidikan Agama Islam (PAI). Jakarta: Departemen Agama RI.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Herlanti, Yanti. (2009). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sains di MI Melalui Tiga Pembelajaran Aktif. Jakarta: UIN Jakarta.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 45-47.
Hidayat. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 58.
HLM. (2022, Juni 5). Perencanaan Pembelajaran Tematik. (Peneliti, Interviewer)
Janah, K. N., HS, A. K., & Tryanasari, D. (2022). Implementasi pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di sekolah dasar. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (p. 470). Madiun: Universitas PGRI Madiun.
Kuswanto, Edi. (2014). Peran Guru PAI Dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vo. 6 No. 2 2014.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul & Dian Andayani. (2015). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Rukin. (2019). metodelogi penelitian kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sadulloh, Uyoh. (2014). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sahar, L., Syahruddin, & Halimah, A. (2020). Problematika Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Ii Mi Madani Alauddin Pao-Pao. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 3.
Sa’ud, Udin Syaefufudin. (2017). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehenship. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyar. (2009). Pembelajaran Tematik. Surabaya: LAPIS PGMI.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. (2014). Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam Dengan Sains. Insania, Vol. 19, No. 2,, 350.
Susanti, Y. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Era Daring Di Madrasah Ibtidaiyah. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 69.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Published
2023-02-09
How to Cite
Mahfudz, M. (2023). Implementasi Model Tematik Integratif Pada Pembelajaran . Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 63-72. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2199
Section
Articles