Pengaruh Bauran Pemasaran, Kelompok Rujukan Dan Persepsi Terhadap Sikap Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi

  • Pelliyezer Karo Karo Politeknik Pariwisata Palembang
  • Muhammad Ihdal Karomi Politeknik Pariwisata Lombok
  • Muhammad Zainuddin Badollahi Politeknik Pariwisata Makassar
  • Rona Meilysa Pasaribu Politeknik Pariwisata Palembang
Keywords: Bauran Pemasaran, Kelompok Rujukan, Persespi, Sikap

Abstract

Kebutuhan terhadap perbaikan kualitas pendidikan secara terus menerus menjadi prioritas dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, termasuk sektor pariwisata. Identifikasi sikap dalam memilih perguruan tinggi pariwisata merupakan hal penting untuk memberikan kepastian bahwa perguruan tinggi mampu bersaing. Sikap dikaitkan dengan objek penelitian mencakup bauran pemasaran, kelompok rujukan dan persepsi. Subjek penelitian adalah mahasiswa baru Politeknik Pariwisata Palembang dengan total sampel sebesar 182 orang yang diidentifikasi dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda menunjukkan seluruh variabel bebas memberikan pengaruh secara simultan sedangkan secara parsial, terdapat dua variabel yaitu bauran pemasaran dan kelompok rujukan yang berdampak terhadap sikap mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Citra, P., Perhotelan, R. and Surakarta, I. (2021) ‘KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMILIH PERGURUAN TINGGI PARIWISATA DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU’, Jurnal Hotelier, 7(2), pp. 70–83. Available at: http://hotelier.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/view/108 (Accessed: 28 October 2022).
DPR-RI (2022) Ringkasan Eksekutif. Available at: https://berkas.dpr.go.id/akd/dokumen/K10-43-aad18a4ec2863193845072a59594395e.pdf (Accessed: 27 October 2022).
Fakhri, M. et al. (2017) ‘Analisis Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Universitas Telkom (Studi Pada Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis Fakultas’, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), pp. 1–12. Available at: https://www.neliti.com/publications/77086/analisis-faktor-pembentuk-keputusan-pemilihan-perguruan-tinggi-swasta-universita (Accessed: 23 June 2021).
Hironymus Ghodang & Hantono (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar dan Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS), Penerbit Mitra Grup. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zD4CEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=metodologi+regresi+linear&ots=Y7yDE-sCAo&sig=HV2TQntFZZm5fOGJpRsSf4ucN0A&redir_esc=y#v=onepage&q=metodologi regresi linear&f=false (Accessed: 7 February 2023).
Honggoriansyah, D., Karo Karo, P. and Permatasari, M. (2020) ‘Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada hotel berbintang tiga di kota palembang’, Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 4(2). doi: 10.24843/jkh.2020.v04.i02.p06.
Kadek Eni Juniari, N. et al. (2022) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Program Studi Diploma III Manajemen Tata Hidangan di Politeknik Pariwisata Bali’, Jurnal Bisnis Hospitaliti, 11(1), pp. 70–80. doi: 10.52352/JBH.V10I1.463.
Karo Karo, P. (2021) ‘Analisis Pengaruh Kesiapan Kabupaten Banyuasin terhadap Penyelenggaraan Sports Event di Provinsi Sumatera Selatan’, Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 9(1). doi: 10.36983/japm.v9i1.73.
Karo Karo, P. et al. (2021) ‘Kecenderungan Keputusan Akademik pada Politeknik Pariwisata Palembang’, JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(2), pp. 28–35. doi: 10.26858/JEKPEND.V4I2.20949.
Karomi, M. I. (2022) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Melakukan Aktivitas Staycation Di Homestay Desa Wisata Kembang Kuning, Lombok Timur’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), pp. 664–673. doi: 10.36312/jime.v8i1.2749.
Kementerian_Keuangan_RI (2022) Pemerintah Alokasikan Anggaran Pendidikan Tahun 2023 Sebesar Rp608,3 Triliun. Available at: https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Anggaran-Pendidikan-Tahun-2023-Sebesar-Rp608,3-T (Accessed: 27 October 2022).
Kotler, A. B. P. (2014) ‘Konsep Kepuasan Philip Kotler’, Konsep Kepuasan Philip Kotler.
Lien Maulina et al. (2021) Pelaksanaan Protokol Kesehatan Berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) pada Industri Perhotelan di Kota Bandung, Media Bina Ilmiah OJS.
LLDIKTI-3 (2019) Kepmen dan Kepdirjen Tentang Daftar Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi dan Kepdirjen Tentang Pedoman Penyesuaian dan Pengusulan Nama Program Studi Tahun 2019 – LLDIKTI WIlayah III. Available at: https://lldikti3.kemdikbud.go.id/v6/2019/03/18/kepmen-dan-kepdirjen-tentang-daftar-nama-program-studi-pada-perguruan-tinggi-dan-kepdirjen-tentang-pedoman-penyesuaian-dan-pengusulan-nama-program-studi-tahun-2019/ (Accessed: 27 October 2022).
Mahmudah, Mohammad Baga, L. and Amanah, S. (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM PASCASARJANA ANALYSIS OF FACTORS THAT INFLUENCE STUDENT DECISIONS CHOOSING POSTGRADUATE PROGRAMS, TADBIR MUWAHHID. Available at: ojs.unida.ac.id (Accessed: 23 June 2021).
Mothersbaugh, D. L. and Hawkins, D. I. (2016) Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, Thirteenth Edition, Mc Graw Hill Education .
OECD (2022) Publications - PISA. Available at: https://www.oecd.org/pisa/publications/ (Accessed: 27 October 2022).
Poltekpar-Lombok (2022) Politeknik Pariwisata Lombok - Lombok Tourism Polytechnic. Available at: https://ppl.ac.id/ (Accessed: 27 October 2022).
Poltekpar-NHI-Bandung (2022) STP BANDUNG. Available at: https://www.stp-bandung.ac.id/index.html (Accessed: 27 October 2022).
Poltekpar-Palembang (2022) Politeknik Pariwisata Palembang – Poltekpar Palembang Selalu Dihati. Available at: https://poltekpar-palembang.ac.id/ (Accessed: 27 October 2022).
Rikardo, D., Turiska, J. and Pelayaran Banten, P. (2021) ‘Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Taruna/I Memilih Kampus Politeknik Pelayaran’, Alignment:Journal of Administration and Educational Management, 4(2), pp. 141–152. doi: 10.31539/ALIGNMENT.V4I2.3019.
Sawaji, J., Hamzah, D. and Taba, I. (2010) PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SULAWESI SELATAN, pasca.unhas.ac.id. Available at: https://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/93eafc626f1884778a6b787f77c1832b.pdf (Accessed: 23 June 2021).
Schiffman and Wisenblit (2015) ‘Persepsi’, in Consumer Behavior 11th edition.
Sugiyono (2018) Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D, Alfabeta Bandung.
WEF (2022) Reports | World Economic Forum. Available at: https://www.weforum.org/reports/ (Accessed: 27 October 2022).
Wibowo, H. dan (2020) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dan Bisnis Universitas Telkom the Effect of Marketing Mix on Student Decision in Choosing Existing Study Programs At the Faculty of Communication and Business in Telkom University’, 6(2), p. 954.
World-Bank (2022) Human Capital Index (HCI) (scale 0-1) | Data. Available at: https://data.worldbank.org/indicator/HD.HCI.OVRL?end=2020&most_recent_year_desc=true&start=2010&type=shaded&view=map&year=2020 (Accessed: 27 October 2022).
Wulandini S, P. (2017) ‘Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Pekanbaru’, JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 1(2), p. 93. doi: 10.30595/jssh.v1i2.1788.
Published
2023-02-09
How to Cite
Karo Karo, P., Karomi, M. I., Badollahi, M. Z., & Pasaribu, R. M. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran, Kelompok Rujukan Dan Persepsi Terhadap Sikap Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 47-62. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2204
Section
Articles