Pengelolaan Laboratorium Religi Dalam Penguatan Karakter Siswa Di Sekolah

  • Meiiti Ponto universitas negeri gorontalo
  • Abdul Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Sitti Roskina Mas Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Laboratorium Religi, Karakter Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium religi dalam penguatan karakter siswa di di SMP Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis konten dengan proses reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk-bentuk kegiatan di laboratorium religi bagi siswa  beragama islam antara lain (a) shalat zuhur berjamaah, (b) kegiatan baca al-qur’an, (c) kegiatan hapalan surah pendek, dan (d) kegiatan ceramah agama; (2) strategi pelaksanaan program laboratorium religi dilaksanakan sesuai dengan bentuk kegiatannya. Untuk kegiatan (a) pelaksanaan shalat zuhur berjamaah dilakukan dengan membiasakan siswa mengumandangkan azan, ikamah, dan menjadi imam; (b) kegiatan baca al-qur’an dilakukan melalui kegiatan baca iqra, hapalan, mempelajari tajwid, tahfidz, tahzinul Qiraah, khatam, dan mengikuti lomba seperti MTQ; (c) kegiatan hapalan surah-surah pendek, dilakukan melalui  pembiasaan siswa membaca al-quran 15 menit sebelum masuk ke dalam kelas, dan menentukan surah yang akan dihapal; dan (d) kegiatan ceramah agama dilakukan dengan menentukan tema ceramah, menghubungi nara sumber, menunjuk moderator, dan menyiapkan materi; (3) monitoring dan evaluasi pelaksanaan program di laboratorium religi dilakukan oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan  . Program laboratorium religi ini dikoordinir langsung oleh guru agama di bawah tanggung jawab kepala sekolah; dan (4) implikasi dari program di laboratorium religi antara lain: terbentuknya karakter religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, gotong royong, peduli lingkungan, sopan santun dan cinta damai. Program laboratorium religi ini telah membawa dampak yang sangat baik bagi semua warga sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, P. 2020. Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Upaya dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Falah Balong Kembang Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jepara. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ (UNISNU) Jepara.
Aziz, F. N. 2020. Implementasi Model Pembelajaran di Luar Kelas pada Siswa Kelas IV di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Purwokerto. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Darmiwanti. 2017. Efektivitas Penggunaan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bukittinggi Sumatera Barat. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi Sumatera Barat.
Decaprio, R. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Dudin, A. 2018. Studi Kasus Laboratorium Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Bandung. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(1), 63-79.
Faraziah, R. 2015. Pengaruyh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Pondok Karya Tangerang Selatan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fuadah, D. N. 2021. Eksistensi Laboratorium Pendidikan Agama Islam dalam Materi Perawatan Jenazah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember.
Haq, W. M. 2018. Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Malang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Lina, dkk. 2019. Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346-355.
Mubai, dkk. 2021. Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383-1394.
Nadhifah, U. 2017. Pemanfaatan Laboratorium Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas XI MIA MAN Purwokerto. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nopriani, W. 2022. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 87 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Okviatun. 2018. Penggunaan Media Lingkungan Sekitar Sekolah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Haqqul Yaqin NW Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Mataram. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram.
Raibowo & Nopiyanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
Rochmah & Nasrulloh. 2021. Pembelajaran Berbasis Laboratorium PAI di SMK Modern Al-Rifa’ie. Jurnal Tinta, 3(2), 1-7.
Shintia, L. 2018. Peran Laboratorium Agama dalam Pencapaian Kompetensi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus di SMPN 2 Kepanjen dan SMPN 3 Kepanjen). Thesis. Tidak Diterbitkan. Malang. Fakultas Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Susanti & Mulyani. 2013. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar dengan Tema Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 01(02), 1-11.
Wahono & Fuadah. 2021. Eksistensi Laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Materi Perawatan Jenazah. Journal of Islamic Education Research, 2(1), 105-113.
Widodo, S. F. A. 2013. Menggagas Model Manajemen Laboratorium Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 13(1), 65-77.
Wiguno, A. 2021. Pelaksanaan Metode Outdoor Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam An-Nur Rambipuji Jember. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Published
2023-03-31
How to Cite
Ponto, M., Masaong, A. K., & Mas, S. R. (2023). Pengelolaan Laboratorium Religi Dalam Penguatan Karakter Siswa Di Sekolah . Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 150-161. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2209
Section
Articles