Pengaruh Partisipasi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Nur Rahma Rahma Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Baharullah Baharullah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Partisipasi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Telkom Makassar, (2) mengetahui pengaruh partisipasi orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Telkom Makassar melalui motivasi belajar, (3) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Telkom Makassar, (4) mengetahui lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Telkom Makassar melalui motivasi belajar, (5) mengetahui pengaruh motivasi belajarĀ  terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Telkom Makassar. penelitian ini dilaksanakan di SD Telkom Makassar pada kelas IV dengan jumlah sampel 56 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua berkontribusi langsung terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 7,45%, partisipasi orang tua berkontribusi terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa sebesar 0,56%, lingkungan sekolah berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,67%, lingkungan sekolah berkontribusi terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa sebesar 0,65%, motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar matematika sebesar 6,40%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvionita, Febrian Venny. 2017. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 2 Tonatan POnorogo Tahun Pelajaran 216/2017. Skripsi. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/2254/1/Febrian%20Venny%20Alvionita.pdf

Ardinata, Candra Putra. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Mandala. Universitas Wijaya Kusuma. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/930

Kartikasari, Dian. 2020. Pengrauh kecerdasan emsoional dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A;yun Ponorogo.

Khoirunisa, Amalia. 2019. Penagruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menggambar siswa kelas V SD-Se-Dabin III kecamatan Tegal Barat Kota Tegal.

Mustamin, Haasmiah. 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Makassar. Lentera Pendidikan, 22(1), 180-192

Nugroho Risky, Warmi Attin. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 2 Tirtamulya. Edumatsains. 6 (2) Januari 2022, 407-418

. Polle, Hadijah. 2015. Hubungan Partisipasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI Pada SMA Negeri 3 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. http://repository.iainambon.ac.id/407/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V_81.pdf diakses 15 Desember 2022.

Putri, Pingky Destiana & Agrissto Bintang Aji Pradana. 2021. Analsis Peran Guru Dan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDIT Jamiyyatul Ihsan Pakis. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Magelang. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/224

Riandi, Masfaif. 2022. Pengaruh partisipasi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Sekecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/55149

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Zuhro, Lailatuz, dkk. 2021. Pengaruh Layanan Home visit dan partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riview Pembelajaran Matematika. https://www.researchgate.net/publication/362765933_Pengaruh_Layanan_Home_Visit_dan_Partisipasi_Orang_Tua_Terhadap_Hasil_Belajar_Matematika_Siswa_Sekolah_Dasar_di_Tengah_Pandemi_Covid-19

Published
2023-03-13
How to Cite
Rahma, N. R., Sukmawati, S., & Baharullah, B. (2023). Pengaruh Partisipasi Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 123-135. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2215
Section
Articles