Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • sunarmi ningsih Universitas Terbuka, Surabaya, Indonesia
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Imam Farisi Universitas Terbuka Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Web Google Site, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang dilaksanakan di SDN Galengdowo 1 menunjukkan bahwa guru belum optimal dalam memanfaatkan dan mengembangkan media berbasis teknologi untuk layanan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web google sites materi keberagaman budaya negeriku. Model pengembangannya menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil validitas medianya diperoleh melalui validasi ahli media, konten, bahasa, dan desain pembelajaran. Tingkat validitas media yang diperoleh melalui validasi ahli media sebesar 93 %, ahli konten sebesar 93,3%, ahli bahasa sebesar 92,8%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 91,6 %, dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan media diperoleh melalui lembar angket untuk siswa dengan hasil 93,96%. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat praktis. Tingkat efektivitas media diperoleh melalui penghitungan hasil belajar siswa yang dihitung menggunakan uji N Gain. Hasil perhitungannya efektivitas penggunaan media pada kelas eksperimen sebesar 81,13% dengan kategori efektif sedangkan pada kelas kontrol sebesar 51,36% dengan kategori kurange fektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media berbasis web google sites telah valid, praktis, serta efektif untuk digunakan pada pembelajaran mengenal keberagaman budaya di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, R.M. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas

pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sain,3 (1)

Angga, P. M. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik

Pendidikan Membentuk Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N 7 Kampung Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Batubara, H. H. (2021). Pembelajaran berbasis web dengan moodle versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Peer Review Buku Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ericolion. (2021). Pengembangan Instrumen Validasi Ahli. Diunduh 19 Mei 2022, dari situs world wide web: https://www.youtube.com/watch?v=n-ciapHcmhQ&t=539s

Gunawan., Sultani, D.I., Silalahi, C.A.P., dkk. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Sederhana. Yogyakarta: K-Media.

Hake, R, R. (2013). Analyzing Change/Gain Scores.Diunduh 14 Mei 2022, dari

situs: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4810

Harsanto, B. (2017). Inovasi pembelajaran di Era Digital: menggunakan Google sites dan media sosial. Sumedang: Unpad Press.

Hasan, M., Milawati., dan Darojat. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : Tahta Media Group.

Iskandar, A., Muttaqin., Dewi, S.V., dkk. (2016). Statistika Bidang Teknologi Informasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Januarisman, E., dan Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol 3 no.(2), 166–182.

Kurniawan, N., & Sanjaya, R. (2010). Website Praktis Dengan Google Sites. Jakarta: Gramedia.

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Klaten: Lakeisha.

Muhid, A. 2019. Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Nengsih, Y. K., Nurrizalia, M., dan Waty, E. R. K.(2022). Buku Ajar Media Dan Sumber Belajar Pendidikan Luar Sekolah. Palembang: Bening Media Publishing.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Penerbit: Lembaga Academic & Research Institute.

Refnita. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Angket UjiKepraktisan Media Pembelajaran Individual Berbasis Ict. Diunduh 18 April 2022, dari situs World Wide Web : https://refnitaref.files.wordpress.com/2015/05/tugas-9-angket.pdf

Riduwan, M. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Gramedia.

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2019). Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching). Yogyakarta: Deepublish.

Santoso, S. (2010). Statistik Multivariat Konsep&Aplikasi SPSS. Jakarta: Gramedia

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, E. (2020). Menentukan Validitas Produk Media Pembelajaran. Diunduh 10 Mei 2022, dari situs World Wide Web :

https://www.youtube.com/watch?v=CfYp_3nw6R0&t=401s

Suryanto, D. A., & Husni Thamrin, S. T. (2018). Analisa Perbandingan Antara Blogger dan Google Site. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Jakarta: CV. Wacana Prima.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrogaman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif.

Widodo, W. (2017). Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar IPA melalui model SEQIP Pada Siswa kelas 4 Ci Hasan Al Rammah Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. 122. http://eprints.uny.ac.id/65666/

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran.Jakarta: PrenamediaGroup.

Zaenal, A. (2011). Buku Pintar Google. Jakarta: MediaKita.

Published
2023-03-13
How to Cite
ningsih, sunarmi, Murtadlo, M., & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 108-122. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2222
Section
Articles