Evaluasi Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Inggris Mengacu Pada Pembelajaran English for Specific Purposes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan persentase penggunaan materi ajar serta mengevaluasi kesesuaian materi yang diberikan pada mahasiswa semester 0 Program Studi Divisi Kamar di Politeknik Pariwisata Palembang. Bahan ajar mengacu pada pembelajaran ESP (English for Specific Purposes) yang meliputi aspek kemampuan mahasiswa dalam membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara. 20 orang responden yang merupakan pelaku lapangan hotel yang terdiri dari para resepsionis dan manajer hotel membantu mengevaluasi studi ini hingga menghasilkan data sebagai berikut: bahan ajar yang telah disusun oleh para pengajar Bahasa Inggris di Program Studi Divisi Kamar telah memiliki kesesuaian terhadap kebutuhan kerja dan hampir semua materi ajar dinyatakan sangat penting dalam prosedur kerja di lapangan walaupun masih ada beberapa materi yang dianggap kurang penting dan tidak sesuai, hal tersebut dapat menjadi refleksi dan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas bahan ajar untuk mahasiswa Divisi Kamar.
Downloads
References
Hafizh dan Ratmanida. (2008). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Program Studi Program Studi Divisi Kamar - PKK UNP Padang. Jurnal Lingua Didaktika, 1(2).
Halliday, M. A. K dan Ruqaiya, H. (1985). Language, Context, and Text: Aspects of Language in a Social – Semioticperspective. Victoria: Deakin University Press.
Hutchinson, T. dan A. Waters. (1987). English for Specific Purposes: A Learning Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Robinson, P. C. (1991). ESP Today: A Practitioner’s Guide. Hertfordshire: Prentice Hall International
Schleppegrell, M., & Bowman, B. (1986). ESP: Teaching English for Specific Purposes. Washington DC: Center for Applied Linguistics.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2023 Yayan Dian Fitriansyah, Cita Hikma Yanti, Finza Larasati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.