Evaluasi Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Inggris Mengacu Pada Pembelajaran English for Specific Purposes

  • Yayan Dian Fitriansyah Politeknik Pariwisata Palembang
  • Cita Hikma Yanti Universitas Bina Darma
  • Finza Larasati Universitas Muhammadiyah Palembang
Keywords: Evaluasi, Bahan Ajar, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan persentase penggunaan materi ajar serta mengevaluasi kesesuaian materi yang diberikan pada mahasiswa semester 0 Program Studi Divisi Kamar di Politeknik Pariwisata Palembang. Bahan ajar mengacu pada pembelajaran ESP (English for Specific Purposes) yang meliputi aspek kemampuan mahasiswa dalam membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara. 20 orang responden yang merupakan pelaku lapangan hotel yang terdiri dari para resepsionis dan manajer hotel membantu mengevaluasi studi ini hingga menghasilkan data sebagai berikut: bahan ajar yang telah disusun oleh para pengajar Bahasa Inggris di Program Studi Divisi Kamar telah memiliki kesesuaian terhadap kebutuhan kerja dan hampir semua materi ajar dinyatakan sangat penting dalam prosedur kerja di lapangan walaupun masih ada beberapa materi yang dianggap kurang penting dan tidak sesuai, hal tersebut dapat menjadi refleksi dan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas bahan ajar untuk mahasiswa Divisi Kamar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardat, A. K. (1981). The importance of text and Methodology ini Teaching ESP. English Teaching Forum. April, 2.
Hafizh dan Ratmanida. (2008). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Program Studi Program Studi Divisi Kamar - PKK UNP Padang. Jurnal Lingua Didaktika, 1(2).
Halliday, M. A. K dan Ruqaiya, H. (1985). Language, Context, and Text: Aspects of Language in a Social – Semioticperspective. Victoria: Deakin University Press.
Hutchinson, T. dan A. Waters. (1987). English for Specific Purposes: A Learning Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Robinson, P. C. (1991). ESP Today: A Practitioner’s Guide. Hertfordshire: Prentice Hall International
Schleppegrell, M., & Bowman, B. (1986). ESP: Teaching English for Specific Purposes. Washington DC: Center for Applied Linguistics.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Published
2023-03-31
How to Cite
Dian Fitriansyah, Y., Hikma Yanti, C., & Larasati, F. (2023). Evaluasi Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Inggris Mengacu Pada Pembelajaran English for Specific Purposes. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 141-149. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2241
Section
Articles