Staycation Inovasi Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Perhotelan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Perspektif Manajemen Pendidikan

  • Islahuddin Islahuddin Politeknik Pariwisata Makassar
  • Muhammad Arfin Muh Salim Politeknik Pariwisata Makassar
Keywords: Staycation, Inovasi Produk, Perhotelan, Manajemen Pendidikan, Daya Saing Industri

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah paradigma wisatawan dalam mencari pengalaman liburan yang aman dan nyaman. Salah satu alternatif populer yang muncul adalah staycation di hotel, di mana wisatawan dapat menikmati pengalaman berbeda di dalam kota tempat tinggal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi staycation sebagai strategi inovasi produk pada industri perhotelan di Kota Bandung, Jawa Barat, dengan perspektif manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap manajer hotel dan pelanggan yang menggunakan layanan staycation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staycation dianggap sebagai strategi inovatif yang efektif dalam menarik pelanggan dan meningkatkan pendapatan hotel. Namun, implementasi staycation juga memerlukan perubahan dalam manajemen hotel dan pengembangan keterampilan karyawan untuk menyediakan layanan staycation yang berkualitas. Oleh karena itu, manajemen pendidikan dapat membantu industri perhotelan dalam mengembangkan kemampuan karyawan untuk menghadapi perubahan era adaptasi kebiasaan baru, termasuk pengembangan layanan staycation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albayrak, T., Caber, M., & Bideci, M. (2016). Identification of hotel attributes for senior tourists by using Vavra’s importance grid. Journal of Hospitality and Tourism Management, 29, 17–23. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2016.05.004
Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi 4. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Bungin, B. 2013. Metodologi penelitian sosial dan ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Callan, R.J., Bowman, L., 2000. Selecting a hotel and determining salient quality attributes: a preliminary study of mature British travelers. International Research 2 (2), 97–118. Journal of Tourism
Cravens, David W. dan Piercy, Nigel F. (2013), Strategic Marketing, Edisi 10, New York: McGraw Hill.
D. We, “Why Do We Fly ?,” Chalmers University of Technology, 2006.
Djaslim Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian), Bandung, Penerbit CV. Linda Karya.
Dolnicar, S., & Otter, T. (2003). Which hotel attributes matter? A review of previous and a framework for future research. Proceedings of the 9th Annual Conference of the Asia Pacific Tourism Association (APTA),1, 176-188
Elnora, Solomon, 2004. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Bandung (9 September 2015)
I. Milohnić, J. Cvelić Bonifačić, and I. Licul. 2019. “Transformation of Camping Into Glamping –Trends and Perspectives,” vol. 5, pp. 457–473
James. H. G. Jeuring and T. Haartsen. 2017 “The challenge of proximity: the (un)attractiveness of near-home tourism destinations,” Tour. Geogr., vol. 19, no. 1, pp. 118–141.
K. Thomas and J. Scott. 2017 “Culture Kent Research -Report 1 Audit of the Cultural Tourism Landscape,” no. January.
Kotler, Amstrong. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.
Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta
Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kotler Dan Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
L. Pawloska, Aneta; Matoga. 2016. “Staycation as a way of spending free time by city dwellers: examples of tourism products created by Local Action Groups in Lesser Poland Woiwodeship in response to a new trend in tourism,” World Sci. News, vol. 51, pp. 4–12.
Law, R., Leung, R., and Buhalis, D., 2009, Information Technology Applications in Hospitality and Tourism: A Review of Publications from 2005 to 2007, Journal of Travel & Tourism Marketing, Vol.26(5), pp.599-623
Lockyer, E.A., Latham G.P. (2002). Building a Practically Useful Theory of Goal Setting and Task Motivation. A 35-Year Odyssey. American Psychologist
Monteiro de castro, M. L., Reis Neto, M. T., Avelar Ferreira, C. A., & Da Silva Gomes, J. F. 2016. Values, motivation, commitment, performance and rewards: analysis model. Business Process Management Journal, Vol.22 Issue: 6.
Qu, H., Ryan, B., & Chu, R. (2000). The Importance of Hotel Attributes in Contributing to Travelers’ Satisfaction in the Hong Kong Hotel Industry Hailin. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 98(December 2014), 37–41. https://doi.org/10.1300/J162v01n03
Rhee, H. T., & Yang, S. B. (2015). How does hotel attribute importance vary among different travelers? An exploratory case study based on a conjoint analysis. Electronic Markets, 25(3), 211-226.
Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks
Rogers, Everett M. 2003. Diffusion Of Innovations Fifth Edition. New York: The Free Press.
Sa’ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Shanka T. and Taylor R, (2004), “An investigation into the perceived importent of service and facility attribute to hotel satisfaction”. Jurnal of quality of assurance in Hospitality & Tourism, Vol. 4No 3-4. Pp 119 -34
Stanton. W. J. 1997. Marketing. 11 edition. New York : McGraw-Hill, Inc.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N, S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Y. Strengers, J. Kennedy, P. Arcari, L. Nicholls, and M. Gregg. 2019. “Protection, Productivity and Pleasure in the Smart Home,” pp. 1–13.
Published
2022-09-30
How to Cite
Islahuddin, I., & Muh Salim, M. A. (2022). Staycation Inovasi Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Perhotelan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Perspektif Manajemen Pendidikan . Jambura Journal of Educational Management, 3(2), 127-151. https://doi.org/10.37411/jjem.v3i2.2253
Section
Articles