Pengelolaan Pendidikan Inklusif

  • Mirna Sahrudin SMA Negeri 2 Gorontalo
  • Novianti Djafri Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Pendidikan, Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran perencanaan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (2) pelaksanaan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (3) Penilaian pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG, (4) Keberlanjutan pembelajaran inklusif di SDN 27 Kota Gorontalo dan SD Laboratorium UNG. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan tiga cara yaitu: (1) wawancara, (2) observasi, (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan pendidikan inklusif di Sekolah Dasar studi kasus di SD 27 Kota Selatan dan SD Laboratorium UNG adalah sebagai berikut: (1). Perencanaan pembelajaran inklusif dari aspek: (a)  identifikasi dan asesmen b) profil peserta didik inklusif. (c) program pendidikan individual siswa inklusif  (d) sumber daya guru inklusif terdiri dari guru yang sudah mengikuti pelatihan dan memiliki sertifikat (e) pembiayaan pendidikan merupakan pendanaan yang khusus dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran siswa inklusif. (2) Pelaksanaan pengelolaan pendidikan inklusif dilihat dari aspek kurikulum yang sudah dimodifikasi, strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa inklusif dan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran dan pembimbingan siswa inklusif. (3) Penilaian pengelolaan pendidikan inklusif di lihat dari karakteristik penilaian siswa inklusif dan laporan hasil belajar. (4) Keberlanjutan pengelolaan pendidikan inklusif dilihat dari peningkatan siswa inklusif yang mendaftar disekolah inklusif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amka, A. (2018). Media Pembelajaran Inklusif. Banjarmasin: Nizamia Learning Center
Amir & Nani, T. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar. Jakarta: Luxima.
Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Prenamedia
Bungin, Burhan. (2014). Penelitian Kualitatif . Jakarta : Kencana Prenada Media
Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erna, E. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SD Negeri Kalukuang III Kota Makassar. http://eprints.unm.ac.id/10001/1/artikel%20fix.pdf
Fitria, R. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusif di Sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif .Surabaya : Direktorat PPk-LK
Kustawan, Dedy, (2012). Pendidikan Inklusi & Upaya Implementasinya. Jakarta Timur Luxima Metro Media
Lapono, N, dkk. (2008). Belajar Dan Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong. (2005). Metodologi Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyadi, S. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. 196.
Nawawi, Hadari. (1992). Admnistrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung
Norma, Yunaini. Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Journal of Elementary School Education. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JGP/article/view/1326
O’Neil,J.(1994/1995).Can inclusion work.A Conversation With James Kauffman and Mara Sapon-Shevin. Educational Leadership. 52(4) 7-11.
Permendiknas No. 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa dalam kelembagaan.ristekdikti.go.id di akses pada 15 Desember 2021
Rika, Widyawati. (2017) Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusif Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1014
Roza, A. (2020). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Manajemen Sekolah Inklusif. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar .https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3085
Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sobia. (2019) Analisis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas V DI SDN Sumbersari 1 Kota Malang (studi kasus). Skripsi. Universitas Negeri Malang https://eprints.umm.ac.id/53542/1/pendahuluan.pdf
Sukardari, D. D. H. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. In Kanwa Publisher.
https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JGP/article/view/1326
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta.
Syadullah. A(2020). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. https://lp3mzh.id/index.php/bahtsuna/article/download/31/37
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyunintyas, E (2016). Persepsi guru terhadap kemampuan belajar siswa yang mengalami keterlambatan dalam belajar di sd negeri alam raya yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/4000/
Yatim & Riyanto. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
Zarkasi, N.W. (2018) Efektifitas Program Pendidikan Inklusif Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Inklusif Di Smp Negeri 5 Surabaya. skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Published
2023-03-30
How to Cite
Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 162-179. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2313
Section
Articles