Korelasi Antara Indikator Mengamati Dan Mengklasifikasikan Pada Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

  • Rifda Nur Hikmahwati Arif Universitas Negeri Makassar
Keywords: Mengamati, Mengkasifikasikan, Keterampilan, Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara indikator mengamati dan indikator mengklasifikasi/mengelompokkan pada keterampilan proses sains (KPS). Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri  03 Pattalassang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif . Teknik pengambilan  teknik purposive sampling. sampel penelitian ini memiliki 45 responden. Adapun hasil penelitian diketahui hubungan antara indikator mengamati dan indikator mengelompokkan/mengklasifikasi berdasarkan uji korelasi ialah 0,120 dengan kategori sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aydogbu, B., Erkol, M., & Erten, N. (2014). The Investigation Of Science Process Skills Of Elementary School Teachers In Terms Of Some Variables: Perspectives From Turkey. Asia-Pacific Forum On Science Learning And Teaching. Vol:5, No:1, 1-28.
Chen, D., Fitriani, R., Maryani, S., Rini, E. F. S., Putri, W. A., & Ramadhanti, A. (2021). Deskripsi keterampilan proses sains dasar siswa kelas VIII pada materi cermin cekung. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 50-55.
Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Daud, Muhammad. (2018). Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Proses Sains (Kps) Pada Pokok Bahasan Termo Kimia Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar Dinas Pendidikan Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 92.Desstya, Anatri. (2015). Keterampilan Proses Sains Dan Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar (Telaah Buku Siswa Kelas Iv Sd Tema 2 Karya Sumini). Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 96.
Elvanisi, A., Hidayar, S., & Fadillah, N, E. 2018. Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 4(2).
Emda, Amna. (2014). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 2(2), 222.
Fitriani, M. S., Saminan, Elisa. (2016). Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tekanan Zat Cair Pada Sisa MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4)
Lestari, M. Y., dan Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan Praktikum fisika dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1).
Musdar, M., Tawil, M., & Azis, A. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya. Vol 3 (1)
Mutmainnah, S. F., Padmawati, K., Puspitasari, N., Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik (Studi Kasus Di Salah Satu Universitas Di Surakarta). Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi,3(1), 50
Rahayu, A. H., & Angraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar. Vol:1, No:5, 22-33.
Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM
Published
2023-03-31
How to Cite
Nur Hikmahwati Arif, R. (2023). Korelasi Antara Indikator Mengamati Dan Mengklasifikasikan Pada Keterampilan Proses Sains Peserta Didik . Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 180-185. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2364
Section
Articles