Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning

  • Jeanlly Adri Solang Politeknik Negeri Manado
  • Mita Erdiaty Takaendengan Politeknik Negeri Manado
  • Debi Christiani Sendow Politeknik Negeri Manado
  • Dwars Soukotta Politeknik Negeri Manado
  • Telly Hetty Isje Kondoj Politeknik Negeri Manado
Keywords: Pembelajaran, Projek Based Learning, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari metode Project Based Learning dalam penerapannya di mata kuliah Manajemen Usaha Perjalanan Wisata dengan sub topik dampak kegiatsan pariwisata di program studi Usaha Perjalanan wisata diploma 3 Politeknik Negeri Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) ialah model pembelajaran yang berdsar pada masalah yang dialami oleh peserta didik pada proses mendapatkan ilmu pengetahuan . Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data observasi dan RPS. Dengan teknis tahapan-tahapan untuk diamati yang diterapkan sesuai materi di kelas oleh pendidik , bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki keunggulan dan kelemahan . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning di kelas semester 4 Program Studi Usaha Perjalanan Wisata di Politeknik Negeri Manado dengan Sub topik Dampak Kegiatan  Pariwisata menunjukkan adanya keunggulan dan kelemahan. PBL lemah dalam  proses pembelajaran pemecahan masalah tertentu, ada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif, perlu ditunjang oleh buku referensi yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan pembelajaran. PBL tidak diberlakukan untuk semua materi pada mata kuliah yang sama di semester yang sama. Keunggulannya pemecahan masalah dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan dapat bertanggung jawab dalam pembelajaran yang  mereka lakukan, jugga dapat mendorong  melakukan evaluasi diri baik terhadap hasil belajar maupun proses belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris, Shoimin .2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta; Ar-Ruzz Media .
Dewi,S.,Sumarmi dan Amirudin ,2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan keatifan dan Kreativitas Siswa.
Fadly,Aditiya ,2012. Peningkatan Aktivitas Dan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem ( PBL ). Universitas Negeri Malang.
Hotimah Husnul , Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal EDUKASI 2020, 7 (3):5-11
Miida Verawati Ndraha dan Putri Juwita, Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Tema 7 Subtema Perkembangan Tekonologi Produksi Pangan Kelas III Di Sekolah Dsar 105332 Sei Blumai Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 3(9).
Panduan Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu, Politeknik Negeri Manado, Tahun 2022
Kurikulum Program Studi Diploma 3 Usaha perjalanan Wisata , Politeknik Negeri Manado, Tahun 2021.
Nafiah ,Y.N., dan Wardan S (2014). Penerapan Model Problem -Based Learning Untuk meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1).
Published
2023-06-29
How to Cite
Adri Solang, J., Erdiaty Takaendengan , M., Christiani Sendow , D., Soukotta, D., & Hetty Isje Kondoj, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning . Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 186-195. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2535
Section
Articles