Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari metode Project Based Learning dalam penerapannya di mata kuliah Manajemen Usaha Perjalanan Wisata dengan sub topik dampak kegiatsan pariwisata di program studi Usaha Perjalanan wisata diploma 3 Politeknik Negeri Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model pembelajaran Project Based Learning (PBL) ialah model pembelajaran yang berdsar pada masalah yang dialami oleh peserta didik pada proses mendapatkan ilmu pengetahuan . Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data observasi dan RPS. Dengan teknis tahapan-tahapan untuk diamati yang diterapkan sesuai materi di kelas oleh pendidik , bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki keunggulan dan kelemahan . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning di kelas semester 4 Program Studi Usaha Perjalanan Wisata di Politeknik Negeri Manado dengan Sub topik Dampak Kegiatan Pariwisata menunjukkan adanya keunggulan dan kelemahan. PBL lemah dalam proses pembelajaran pemecahan masalah tertentu, ada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif, perlu ditunjang oleh buku referensi yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan pembelajaran. PBL tidak diberlakukan untuk semua materi pada mata kuliah yang sama di semester yang sama. Keunggulannya pemecahan masalah dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan dapat bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan, jugga dapat mendorong melakukan evaluasi diri baik terhadap hasil belajar maupun proses belajar
Downloads
References
Dewi,S.,Sumarmi dan Amirudin ,2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan keatifan dan Kreativitas Siswa.
Fadly,Aditiya ,2012. Peningkatan Aktivitas Dan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem ( PBL ). Universitas Negeri Malang.
Hotimah Husnul , Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal EDUKASI 2020, 7 (3):5-11
Miida Verawati Ndraha dan Putri Juwita, Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Tema 7 Subtema Perkembangan Tekonologi Produksi Pangan Kelas III Di Sekolah Dsar 105332 Sei Blumai Tanjung Morawa. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 3(9).
Panduan Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu, Politeknik Negeri Manado, Tahun 2022
Kurikulum Program Studi Diploma 3 Usaha perjalanan Wisata , Politeknik Negeri Manado, Tahun 2021.
Nafiah ,Y.N., dan Wardan S (2014). Penerapan Model Problem -Based Learning Untuk meningkatkan Berpikir Kritis dan hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1).
Copyright (c) 2023 Jeanlly Adri Solang, Mita Erdianty Takaendengan , Debi Christine Sendow , Dwars Soukotta, Telly Hetty Isje Kondoj

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.