Internalisasi Nilai-Nilai Spritualitas Melalui Kegiatan Rohani Islam Pada Lembaga Pendidikan
Abstract
Artikel ini membahas tentang Internalisasi Nilai-Nilai Spritualitas Melalui Kegiatan Rohis Pada Lembaga Pendidikan. Nilai spritualitas menjadi hal yang harus dilakukan pada lembaga pendidikan dan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan melalui kegiatan Rohani Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yang dilakukan dengan melaksanakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Tahapan analisis isi yang dilakukan dalam penelitian ini yakni Menentukan permasalahan, menyusun kerangka pemikiran, menyusun perangkat metodologi, analisis data dan terakhir interpretasi data. Hasil yang diperoleh bahwa Internalisasi nilai-nilai spritualitas melalui kegiatan rohis pada lembaga pendidikan, dilaksanakan dengan memegang prinsip bahwa kegiatan tersebut harus dapat menanamkan sikap memiliki prinsip dan pegangan hidup, memiliki kemampuan dan kemanfaatan juga melalui kesadaran diri. Ketiga kegiatan ini dilaksanakan dengan baik pada kegiatan Rohis, tentu akan memiliki kontribusi yang positif bagi lembaga pendidikan. Peran serta dari semua stakeholders menjadi penting dalam kegitan internalisasi nilai spritualitas, karena lembaga pendidikan itu sebagai suatu sistem yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.
Downloads
References
Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualsasi Metodologi ke Arah Ragam Variasi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Doe, Mimi & Marsha Walch. (2001). 10 Prinsip Spiritual Parenting: Bagaimana Menumbuhkan dan Merawat Sukma Anak Anda. Bandung: Kaifa.
Ediyono. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Pada Diri Siswa Di Smpn 2 Kota Bengkulu, al-Bahtsu, Vol. 3 No. 2, Desember 2018, hlm.2
Jalil, Abdul & Muhammad Zakki. (2013). Spiritual Enterpreneurship (Transformasi Spiritualitas Kewirausahaan). Yogyakarta: PT. LKis.
Jumala, Nirwani. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami dalam Kegiatan Pendidikan, Jurnal Serambi Ilmu, Vol. 20 No. 1, Maret 2019, hlm. 162.
Hasan, Abdul Wahid. (2006). SQ NABI Aplikasi dan Strategi Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullah Masa Kini. Yogyakarta: IRCiSoD.
Isbah, Faliqul. (2021). Peningkatan Spiritualitas dalam Menghadapi Problematika Hidup Melalui Istighotsa. Spiritual Healing:Jurnal Tasawuf dan Psikoterapi. Vol. 1 No. 2 June 2021: 24-31.
Kajian Insanul ini merupakan salah satu ciri manusia yang hidupnya menjadi baik. Ibn al-arabi merumuskan konsep insan al-kamil dalam beberapa bagian yaitu manusia, alam dan Allah swt. Manusia Paripurna (Insan Kamil) merupakan roh alam semesta. Sedangkan roh alam semesta sebagai ladah dan tempat bagi insan Kamil, yang mana baik alam maupun manusia cermin dari wujud Allah Swt konsepnya adalah dalam konteks kehidupa memberikan yang terbaik sesuai syari‘at yang telah ditentukan. Baca selengkapnya. Jagad Batin IBNU AL-ARABI, Menuju Manusiadan Kewalian Paripurna, Penerjemah, Al-Arabi, (Yogyakarta: Institute of Nation Development Studies (INDeS), 2016), hlm. vi
Khalqi, Khairul. (2019). Nilai-Nilai Utama Karakter Spiritual Keagamaan Dan Integritas Dalam Kisah Al-Qur’an. Jurnal Falasifa. Vol. 10 Nomor 2 September 2019, hlm. 160
Kusumasari, Nuruliah. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologi Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (2015): 33.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Martiyono. (2014). Mengelola dan Mendampingi Implementasi Kurikulum 2013: Adaptasi Hasil Pelatihan Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran dan Pendamping. Yogyakarta: CV. Aswaja Presindo.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhyidin, Muhammad. (2007). Manajemen ESQ Power. Yogjakarta: DIVA Press.
Tafsir, Ahmad. (2004). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priyanti, Lenni. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pencegahan Bullying di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. Skripsi. IAIN Bengkulu.
Tafsir, Ahmad. (2002). Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Yogyakarta: Gama Media Offset.
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2023 Syamsuddin Syamsuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.