Pengelolaan Kelas Efektif Dalam Pembelajaran

  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
  • Ramlis Higa Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Kelas Efektif, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana: (1) guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SMP Negeri Molibagu dan; (2) guru menciptakan hubungan yang baik antar guru dan siswa di SMP Negeri Molibagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif berada pada kategori baik atau 80,87% dan; (2) Guru dalam menciptakan interaksi yang baik antar siswa dan guru berada pada kategori baik atau 83,76%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andini, N. F. 2018. Pengaruh Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Mahasiswa S1. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 109– 118.

Damanik, Erikson. 2013. Interaksi Edukatif dalam Pembelajaran, (online), (http://sondix. blogspot.com/2013/08/Interaksi-Edukatif-dalam Pembelajaran.html

Djamarah, Bahri, Syaiful. 2011. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk. 2013. Strategi belajar mengajar (Edisi revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Indonesia. Undang-undang Nomor 20 Tahun (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Indonesia. Undang-undang Nomor 14 Tahun (2005) tentang guru dan dosen. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586.

Kamsinah. 2021. Penerapan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V di SDN No. 84 Pattinoang. Makalah PGSD Universitas Megarezky.

Mukhtar dan Iskandar.(2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press

Mustafa, M. N., Hermandra, H., & Zulhafizh, Z. 2021). Strategi berinovasi guru di sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(3), 364. https://doi.org/10.29210/020211127

Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi belajar Mengajar. Surabaya: Usana Offset Printing

Tohirin.(2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : rajagrafindo persada.

Uno, H. & Nurdin Mohamad. 2014. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inofatif Lingkungan Kreatif Efektif Menyenangkan,Cet.V: Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusiastuti, T. 2021. Menciptakan lingkungan kondusif di dalam proses pembelajaran.https://radarkudus.jawapos.com/pendidikan/13/08/2021/menciptakan-lingkungan-kondusif-di-dalam-proses-pembelajaran/.

Zulhafizh. 2013. Guru: Profesi Yang Tak Lengkang Oleh Waktu. https://nasriaika 1125.wordpress.com/2013/09/28/interaksi-dalam pembelajaran/

Published
2023-09-30
How to Cite
Abdul Razak, I., Suking, A., & Higa, R. (2023). Pengelolaan Kelas Efektif Dalam Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 4(2), 343-354. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.2691
Section
Articles