Pengelolaan Sarana Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran
Abstract
Artikel ini membahas tentang bagaimana proses pengelolaan sarana pendidikan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di MIN 2 OKU Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display dan conclution drawing/verification. Untuk pengecekan data melalui triangulasi yang terdiri dari triangulasi metode, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa MIN 2 OKU Timur telah menjalankan pengelolaan sarana pendidikan dengan baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Ini mencakup peningkatan kualitas ruang kelas, peralatan yang memadai, perpustakaan yang baik, sumber belajar yang memadai, serta fasilitas olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler yang memadai. Keempat aspek ini sangat penting dalam pengelolaan sarana pendidikan dan berperan kunci dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di MIN 2 OKU Timur.
Downloads
References
Bani, S. (2016). Tantangan Lembaga Pendidikan di Tengah Persaingan Global. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 447– 458. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3577
Firdaus, R. (2016). Pengaruh Penataan Ruang Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Study eksperimen di SDN 4 Kuripan Utara) tahun 2016 (pp. 1–5). Universitas Mataram. http://eprints.unram.ac.id/9947/
Hidayat, Ara & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Penerbit Pustaka.
Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 165–188. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790
Hikmawati, Fenti. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Ibrahim, Choirun Niswah, S. D. J. (2023). Analisis Proses Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Disekolah Jambura Journal of Educational Management. September, 262–271.
Ibrahim, Kris Setyaningsih, A. (2022). PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN MTS N 2 PALEMBANG. 55–63.
Ibrahim, Badaruddin, K. M. S., & Ridiana, P. (2023). Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(September), 239–250.
Ibrahim, & dkk. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8 PALEMBANG Ibrahim, Nita Nur Cahyani, Mardiah Astuti, Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jurnal Hikmah, 18(2), 187–199.
Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578
Ibrahim, I., Zainuri, A., Hidayat, H., Zulkipli, Z., & Noviana, R. (2021). Kinerja Pegawai Tata Usaha Pada Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Educational Management, 2(September), 137–146. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i2.997
Megasari, R. (2022). Peningkatan dan Penglolaan Sarana dan Sarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP N 5 Bukit Tinggi. Administrasi Pendidikan, 640.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sa’diyah, M. A. S. H. (2017). Model Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran PAI di SD Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 291–310. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai /article/view/608
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Prihartanta, W. (2015). Perpustakaan Sekolah. Jurnal Adabiya, 2.
Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, Vol. 16 No. 2. hlm. 199-213.
Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: Rajawali Pers.
Yin, R. K. (2012). Studi Kasus (Desain dan Metode), penerjemah M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zulkipli, Z., Hidayat, H., Ibrahim, I., & Praja, A. (2020). Perencanaan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 19–35. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.2
Copyright (c) 2023 Lilis Setiowati, Saipul Annur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.