Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik
Abstract
Artikel ini berkaitan dengan Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo, dengan tujuan untuk melihat bagaimana proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik. Penelitian ini dengan jelas kualitatif dan pendekatan desktiptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data hasil penelitian. Sedangkan untuk melihat teknik pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi sumber, metode dan teknik. hasil yang diperoleh bahwa Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo sudah dijalankan dengan baik berdasarkan indikator dari proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, yang mencakup aspek seperti perpustakaan yang memberikan akses ke sumber daya pembelajaran, menyediakan lingkungan studi yang kondusif, adanya bantuan dari pustakawan, serta ketersediaan buku teks dan materi pelajaran. Dengan berbagai perannya ini, perpustakaan telah menjadi sumber daya berharga yang membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesuksesan akademik mereka, serta persiapan untuk masa depan mereka.
Downloads
References
Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bafadal, I. (2009). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, S. (2014). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darmono. (2012). Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 12.
Februariyanti, H., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK , 124-132.
Ibrahim, Kris Setyaningsih, A. (2022). PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN MTS N 2 PALEMBANG. 55–63.
Ibrahim, I., Adi Prasetyo, Choirun Niswah, & Zulkipli, Z. (2022). Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 170–181. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i3.578
Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(Nomor 1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128
Lasa, H. (2004). Praktis Pengelolaan Perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Miles, M. B., & Hubbermen, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. jakarta: UI Press.
Mudhoffir. (2012). Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Rema Rosda Karya.
Mulyadi, & Primasari, F. (2014). IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 17-30.
Rohmadhani, B. S., Sobri, Y., & Gunawan, I. (2019). PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG UNGGUL. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 188-193.
Sinaga, D. (2017). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. Jurnal Tadbir Muwahhid, 219-243.
Warsita, B. (2013). Teknologi Pembelajaran (Landasan dan Aplikasinya). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yusuf, P., & Suhendar, Y. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Copyright (c) 2023 Dwi Budiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.