Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

  • Dessi Asdrayany UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia
  • Machdum Bachtiar Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia
Keywords: Management, Education, Character, learner, Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui implementasi
manajemen pendidikan karakter di SMPIT Bait Et-Tauhied dan SMAIT Bait
Et-Tauhied, Mengetahui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di
SMPIT Bait Et-Tauhied dan SMAIT Bait Et-Tauhied dan Mengetahui
efektivitas implementasi manajemen pendidikan karakter melalui Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPIT Bait Et-Tauhied dan SMAIT
Bait Et-Tauhied. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: Manajemen pendidikan karakter
di SMPIT Bait Et-Tauhied kota Serang diantaranya: perencanaan yang
meliputi pembuatan rencana tahunan, melakukan rapat kerja tahunan.
Pengorganisasian yang meliputi pembuatan jadwal kegiatan harian dan
pembentukan tim penanggung jawab. Pelaksanaan berupa kegiatan yang
meliputi pelaksanaan dilaksanaan oleh dewan guru maupun pelajar.
Evaluasi berupa adanya rapat bulanan sebagai upaya dalam evaluasi yang
dilakukan secara menyeluruh, agar kendala dapat dihadapi bersama.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berjalan dengan baik di SMPIT
Bait Et-Tauhied maupun SMAIT Bait Et-Tauhied Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin & Sulkifly, 2023. Education Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), pp. 1-7.
Agustin, Dian. 2020. Cuitan Berdampak Hukum di Media Sosial: Kajian Linguistik Forensik. Tesis/Disertasi. Tidak Diterbitkan. Gorontalo: Pasca Sarjana. Universitas Negeri Gorontalo.
Arifin, Sulkifly, S., Haris, I. & Marhawati, B., 2023. Kepemimpinan Transformasional. Gorontalo, Pedagogika International Conference on Educational Innovation, pp. 1-15.
Al-Ghazali, Imam. Ihya ’Ulumuddin. Darulakhya’ Kutubul Arabiyah, n.d.
Alfansyur, Andarusni, and Mariyani. “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis 5, no. 2 (2020): 146–150.
Amon, Lorensius, Theresia Ping, and Soerjo Adi Poernomo. “GAUDIUM VESTRUM : JURNAL KATEKETIK PASTORAL Tugas Dan Fungsi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan” 5, no. 1 (2021): 1–12.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9.
Arifudin, Opan. “Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Peserta Didik.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2022): 829–837.
Baslini. “Peran, Tugas Dan Tanggung Jawab Manajemen Pendidikan.” Jurnal of innovation in teaching and instructional media 2, no. 2 (2022): 2–2.
Bogdan, and Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theoris and Methods (6th Ed.). Sage Publications, 2017.
Hermawan, C., Susilo, R., & Prayogo, M. 1995. Network Security: VPN for network security. NJ: MorningHall.
Marhawati, B., & Haris, I., 2023. Manajemen Peserta Didik. Gorontalo: Ideas.
Kevin, S. 2016. 1000 Tutorial Microsoft Word 2019. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suking, A. et al., 2023. Sistem Informasi Manajemen. Gorontalo: Sinar Mass.
Sulkifly, Arifin & Haris, I., 2023. Manajemen Peserta Didik. Gorontalo: Ideas.
Sulkifly, S., 2023. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Gorontalo: Wordpress.
Published
2024-09-12
How to Cite
Asdrayany, D., Zohriah, A., & Bachtiar, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) . Jambura Journal of Educational Management, 5(2), 476-487. https://doi.org/10.37411/jjem.v5i2.3162
Section
Articles