Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Workshop peningkatan kinerja tenaga pendidik; (2) Pengamatan MGMP dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik; (3) Intensitas pelaksanaan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Limboto disusun setiap awal semester atau awal tahun pelajaran oleh tim pengembangan sekolah yang meliputi program tahunan dan program semester yang terdokumentasi dengan baik. Pada umumnya berkaitan dengan pembelajaran yang berkualitas yang di mulai dengan pembuatan RPP; (2) Straegi kepala sekolah melalui program MGMP, dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja guru melalui kerja sama antara sesama guru secara berkala untuk menumbuhkan budaya sekolah. (3) evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu berupa supervisi akademik dilaksanakan pada setiap akhir semester melalui kunjungan kelas untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas.
Downloads
References
Ansar dan Masaong. 2011. Manjemen Berbasis Sekolah (teori, Model dan Implementasi). Sentra Media
Arfan dan Masaong. 2017. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelegence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung: Alfabeta
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cet. 3, 2008.
Busono, G. A. 2016. Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Pt. Persada Sawit Mas (PMS) Muqtashid, 1(1),81-114.
Cravens, D. W. 2000.Pemasaran Strategis, (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nuchiya, Nunu. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.5 no.7:1-4
Nihin, A. DJ. 2000. Tantangan Era Baru: Berbagai Keadaan dan Penyikapannya. Jakarta: PT. Mardi Mulyo
Copyright (c) 2021 Maimun Uwe, Nina Lamatenggo; Besse Marhawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.