Analisis Kompetensi Profesional Guru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh gambaran tentang Analisis Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 2 Gorontalo di Kota Gorontalo . Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif oleh guru berada pada kategori baik, (4) pengembangan keprofesian secara berkelanjutan oleh guru berada pada kategori baik, dan (5) pemanfaatan TIK untuk pengembangan diri oleh guru SMA Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori baik.
Downloads
References
Di akses: Tanggal 23 Maret 2019
Atmuji, Setyo Dan Suking, A. 2015. Pengaruh Kecerdasan Sosial, Kompetensi Profesional Dan Perilaku Guru Dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Sma Negeri Di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Universitas Negeri Gorontalo. Http://Ejournal.Ung.Ac.Id/Index.Php/JK/Article /1345/Pdf. Diakses: 06 November 2018.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. BSNP. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Jakarta: Materi Diklat Calon Pengawas Sekolah/Pengawas Sekolah.
Haryanti, Titik. 2010. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas VIII Mts Yasu’a Pilangwetan, Kec. Kebonagung, Kab. Demak, Tahun Ajaran 2009-2010. Salatiga: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jp2d/article/view/1208.
Di akses: Tanggal 24 Januari 2019
Kunandar. 2007. Guru Profesional “Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Penddikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2007. kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: kencana prenada media group.
Saud, Udin, S. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta
Sujianto. 2013. Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan/Continuing Professionality Development (CPD) Guru Bersertifikat Pendidik Di SMK Rumpun Teknologi Se-Malang Raya. Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang Https:// Media. Neliti. Com/Media/Publications/122481-ID-None. Diakses: 13 Februari 2019
Susilo, M. Joko, dkk. 2010. Pemberdayaan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Windrawanto, Yustinus. 2015. Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP. Universitas Kristen Satya Wacana. Vol. 31, No.2. Desember 2015: 90-101. http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/621/414/. Diakses: 30 Mei 2019.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing.
Copyright (c) 2020 Dewi Yulmasita Bagou, Arifin Suking
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.