Analisis Kompetensi Profesional Guru

  • Dewi Yulmasita Bagou Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kompetensi, Profesional, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh gambaran tentang Analisis Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 2 Gorontalo di Kota Gorontalo . Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : (1) penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada mata pelajaran yang diampu oleh guru berada pada kategori amat baik, (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif oleh guru berada pada kategori baik, (4) pengembangan keprofesian secara berkelanjutan oleh guru berada pada kategori baik, dan (5) pemanfaatan TIK untuk pengembangan diri oleh guru SMA Negeri 2 Gorontalo berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aka, Kukuh, A. 2017. Pemanfaatan eknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. Kediri: Universitas Nusantara PGRI. FKIP. PGSD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 2. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/1041/724
Di akses: Tanggal 23 Maret 2019

Atmuji, Setyo Dan Suking, A. 2015. Pengaruh Kecerdasan Sosial, Kompetensi Profesional Dan Perilaku Guru Dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Sma Negeri Di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Universitas Negeri Gorontalo. Http://Ejournal.Ung.Ac.Id/Index.Php/JK/Article /1345/Pdf. Diakses: 06 November 2018.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. BSNP. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. Jakarta: Materi Diklat Calon Pengawas Sekolah/Pengawas Sekolah.

Haryanti, Titik. 2010. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas VIII Mts Yasu’a Pilangwetan, Kec. Kebonagung, Kab. Demak, Tahun Ajaran 2009-2010. Salatiga: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jp2d/article/view/1208.
Di akses: Tanggal 24 Januari 2019

Kunandar. 2007. Guru Profesional “Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Penddikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2007. kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: kencana prenada media group.

Saud, Udin, S. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Sujianto. 2013. Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan/Continuing Professionality Development (CPD) Guru Bersertifikat Pendidik Di SMK Rumpun Teknologi Se-Malang Raya. Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang Https:// Media. Neliti. Com/Media/Publications/122481-ID-None. Diakses: 13 Februari 2019
Susilo, M. Joko, dkk. 2010. Pemberdayaan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Windrawanto, Yustinus. 2015. Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FKIP. Universitas Kristen Satya Wacana. Vol. 31, No.2. Desember 2015: 90-101. http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/621/414/. Diakses: 30 Mei 2019.
Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing.
Published
2020-09-29
How to Cite
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Section
Articles