Implementasi Hasil Diklat Penguatan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

  • Maryam Imran Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Suking Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Hasil Diklat, Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan kepala sekolah dalam mengimplementasikan teknik analisis manajemen, (2) kemampuan kepala sekolah dalam menilai rapor mutu, (3) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan peserta didik, dan (4) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan kepala sekolah dalam mengimplementasikan teknik analisis manajemen di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori cukup baik, (2) kemampuan kepala sekolah dalam menilai rapor mutu di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik, (3) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik, dan (4) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) bagi dinas pendidikan, agar lebih memantau dan mengevaluasi implementasi hasil diklat penguatan di sekolah, (2) bagi lembaga penyelenggara diklat, agar lebih mempertajam dan memperkuat materi-materi diklat penguatan yang tertentu, (3) bagi kepala sekolah, agar lebih memahami kekuatan dan kelemahan sekolah serta meningkatkan kemampuan dalam membuat analisis TAM, (4) bagi guru, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dan juga bisa lebih mengerti tugas-tugas kepala sekolah dalam hal kompetensi manajerial agar bisa menilai kepala sekolah lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, A. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2019. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Gobel, S., Roskina Mas, S., & Arifin, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Karakter Religiusitas. Jambura Journal of Educational Management, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.102

Harahap, S. 2019. Bagaimana Rapor Mutu Pendidikan Daerah Anda? (https://analisadaily.com/berita/arsip/2019/11/4/817975/bagaimana-rapor-mutu-pendidikan-daerah-anda/) diakses tanggal 1 November 2020.

Herawati, N., dkk. 2020. Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1684-1690.

Ihsan, A. N. 2017. Penerapan Analisis SWOT terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan pada Program Plus Di SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jurnal

Indrawan, I. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish.

Istikhomah, S. 2013. Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di MI Al Fatah Kecamatan Jabon Sidoarjo. e-Journal.unesa, Vol 1, No 1,

Jonnedi, J., dkk. 2020. Strategi Komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 76-85.

Masaong, A.K. & Tilome, A.A. 2011. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung: Alfabeta.

Nanang dan Rusman. 2019. Analisis Kebutuhan Pelatihan Standar Penilaian Berbasis Data Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) pada Jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Makasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, UNY.

Nasional, D. P. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007, tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. (http://lppks.kemdikbud.go.id/uploads/pengumuman/1526355089Permendikbud_Nomor6_Tahun2018.pdf) (diakses 17 Februari 2020).

Pertiwi, D. 2018. Analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threat Di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Rahmi, N. 2014. Persepsi Guru tentang Manajemen Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Rangkuti., F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rozari., A. M. 2011. Rencana Strategis Peningkatan Mutu Sekolah dengan Analisis SWOT di SMK St. Petrus Comoro Dili Timor Leste. Tesis. Salatiga: Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Pendidikan.

Setiawan, S. 2020. Ketahui Apa itu Rapor Mutu Pendidikan dan Manfaatnya bagi Sekolah. Di ambil dari https://m.kumparan.com/surya-setiawan-1563258141664923061/ketahui-apa-itu-rapor-mutu-pendidikan-dan-manfaatnya-bagi-sekolah-1tfbaVzXbeS (Diakses 12 Oktober 2020).

Sudharta, V. A., dkk. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Suking, A. 2015. Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Efektif. Disertasi Doktor (DP2M), 2(948).

Tomo, J. 2019. Modul Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Diambil dari https://www.mashenry.com/2019/10/modul-diklat-penguatan-kepala-sekolah.html?m=1 (diakses tanggal 1 november 2020)

Ulum, M.B., dkk. 2017. Pengelolaan Kesiswaan Bidang Akademik Di SMK Negeri 1 Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (JUPEDASMEN), 2(3).

Published
2021-03-31
How to Cite
Imran, M., Suking, A., Abdul Razak, I., & Sulkifly, S. (2021). Implementasi Hasil Diklat Penguatan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah . Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 69-82. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.618
Section
Articles