Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

  • Neny Sulviana Universitas PGRI Palembang
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas PGRI Palembang
Keywords: Manajemen Guru, Mengajar, Mutu Pembelajaran

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen guru mengajar dalam memperbaiki mutu pembelajaran di SMA Negeri 4 Prabumulih, kendala yang dihadapi, dan strategi yang diterapkan guru mengajar. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini kepala sekolah dan guru-guru. Teknik pengumpulan data: (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Manajemen guru mengajar dalam memperbaiki mutu pembelajaran di SMA Negeri 4 Prabumulih dapat dikatakan baik. Guru dalam merencanakan pembelajaran mengacu kepada kurikulum 2013 yang ditetapkan. Guru dalam melaksanakan pembelajaran disusun berdasarkan kalender akademik 2020/2021 yang terdiri dari kegiatan minggu efektif, per semester (semester ganjil dan semester genap); (2) Kendala yang dihadapi adalah keterbatasannya sarana prasarana yang ada di SMA Negeri 4 Prabumulih yaitu infocus, buku pegangan guru dan buku pegangan siswa, alat peraga sebagai media pembelajaran, komputer yang ada di laboratorium; (3) strategi yang diterapkan guru mengajar guna untuk memperbaiki mutu pembelajaran  di SMA Negeri 4 Prabumulih, dijelaskan sebagai berikut. yaitu menggunakan buku elektronik dalam menyampaikan pembelajaran, guru-guru menerapkan literasi digital sebagai pengganti terbatasnya sarana yang ada seperti  infocus, buku pegangan guru, alat peraga sebagai media pembelajaran, guru dalam menyampaikan materi pembelajaran memvariasikan metode-metode pembelajaran yang ada, sehingga dapat terciptanya suasana belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arafat, Y. 2020. Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 9, Nomor 1, Juni 2020. Halaman 104-114
Destiniar. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 5 Nomor 2,Juli – Desember 2020. Halaman 168-174.
Djamarah, S. B. 2014. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid. 2010. Implementasi Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Harapan, E. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 5 Nomor 2, Juli 2020. Halaman: 168-174.
Karawati, E. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, I. 2017. Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Lian, B. 2020. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Superivis, Pemimpin dan Manajemen Pendidikan, Volume 4 Nomor 3 Tahun 2020. Halaman 1836-1839. SSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online).
Nurdin, S. 2014. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Rizaldi, A. 2014. Dari guru Konvensional Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Grasindo.
Rusman. 2011. Guru dan Profesinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi. 2016. Guru Powerfull, Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif. Bandung: Kolbu
Sumardin. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP Model dan Implementasinya. Yogyakarta: Budi Utama
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup
Usman, Moch, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahyuningrum. 2013. Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Wasliman, Iim. 2012. Problemantika Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Published
2021-03-20
How to Cite
Neny Sulviana, Happy Fitria, & Achmad Wahidy. (2021). Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 2(1), 15-31. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.624
Section
Articles