Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

  • Khoirul Khobir Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
Keywords: Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuasin III. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan metode peneltian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Se-Kecamatan Banyuasin III yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data  pada penelitian ini menggunakan kuisioner.  Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuasin III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. 2016. Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Aminuddin, A. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11 (1), 88-96.

Bada, I. A. 2012. Correlates of Supervisory Strategies and Quality Education in Secondary Schools in Oyo State, Nigeria. International Journal of Learning and Development, 2 (3).

Hardono., Haryono., & Yusuf, A. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Educational Management, 6 (1), 26-33.

Harapan, E. 2018. Pembiayaan Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Heriyanto, T. 2013. Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Guru SMA di Kabupaten Kepahiang (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Supervisi Akademik). Tesis, Universitas Bengkulu.

Indrawati., Lestari, R., & Lubis, R, R. 2015. Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi, 1 (1), 1-5.

Ishaq, Yusrizal, Bahrun. 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh Dan SMA Negeri 3 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan pp. 32- 45.

Ismail, Taufik. 2017. Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru SD Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24 (1).

Kant, R. 2014. A Study of Effect of Demographical Factors on Role Performance of Secondary School Teachers in India. Mevlana International Journal of Education, 4 (2).

Kompas. Com. 2014. Berita Buruk Pendidikan Indonesia. Diakses 15 Mei 2019. https://edukasi.kompas.com/read/2014/12/02/18365971/Berita.Buruk.Pendidikan.Indonesia.

Mutakin, T. Z. 2013. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Formatif, 3 (2), 145-156.

Ngiode, Syafrin. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru MTs.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (2).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Lembaran Negara RI Tahun 2007. Jakarta: SekretariatNegara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 41. Jakarta: Sekretariat Negara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 4941. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rahayu, Sri, Sutama, dan Sabar Narimo. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Guru SMP N Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (2), 97-107.

Rahardjo, S. 2014. The Effect of Competence, Leadership and Work Environment Towards Motivation and its Impact on The Performance of Teacher of Elementary School in Surakarta City, Central Java, Indonesia. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences, 3 (6).

Ramadhan, A. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology, 3 (2), 136-144.

Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sari, Z. I. 2014. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kinerja Mengajar Guru di SDIT Nurul Falah Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogik, 2 (1), 47-53.

Septiana, Roslena., Ngadiman & Ivada, E. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jurnal Pendidikan (Jupe) UNS, 2 (1), 107-118.

Srinalia. 2015. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasi nya terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasusdi SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15 (2), 193-207.

Sulistiya, Mukhamad. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. 1 (2).

Tesfaw, T. A., & Hofman, R. H. 2014. Relationship between instructional supervision and professional development. The International Education Journal: Comparative Perspectives, 13 (1).

Tobari. 2016. Membangun Budaya Organisasi Pada Instansi Pemerintahan. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara RI Tahun 2005, No. 4586. Jakarta: Sekretariat Negara.

Utomo, N. P., & Sunarti. 2014. Pengaruh Komite Sekolah, Kepemimpinan, dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Sosialita, 1 (1), 31-42.

Published
2021-10-07
How to Cite
Khoirul Khobir, Harapan, E., & Kesumawati, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru . Jambura Journal of Educational Management, 2(2), 83-96. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i2.902
Section
Articles