https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/issue/feedJambura Journal of Educational Management2025-10-28T05:57:26+00:00Ikhfan Harisjjem@ung.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for academics, researchers and practitioners to publish original research articles or review articles. Jambura Journal of Education Management (JJEM) Published twice a year in March and September. <strong><em><span style="vertical-align: inherit;">ISSN</span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><strong> Online</strong><strong><em>:</em></strong> <a href="http://u.lipi.go.id/1583461968" target="_blank" rel="noopener">2721-2106</a><strong> , </strong></span><strong><span style="vertical-align: inherit;">DOI Prefix: </span></strong><span style="vertical-align: inherit;">10.37411</span></p>https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/4384Dari Kebutuhan Menuju Kebermaknaan: Reformulasi Konsep Needs Assessment dalam Perencanaan Pendidikan Islam Kontemporer2025-10-28T05:57:26+00:00Ria Puspitasaririap8731@gmail.comSinta Rodiyahshintarodiya01@gmail.comRomlah Romlahromlah@radenintan.ac.idAbdurrahman AbdurrahmanAbdurrahman@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang <strong>Reformulasi Konsep Needs Assessment dalam Perencanaan Pendidikan Islam Kontemporer (Dari Kebutuhan Menuju Kebermaknaan). </strong>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kepustakaan dan analisis konten untuk mereformulasi konsep <em>needs assessment</em> dalam perencanaan pendidikan Islam. Data diperoleh dari jurnal, buku, dan dokumen kebijakan 2019–2025 yang relevan. Analisis dilakukan melalui <em>thematic coding</em> dengan triangulasi sumber dan <em>peer debriefing</em> guna menjamin validitas. Hasilnya berupa model konseptual baru yang selaras dengan visi pendidikan Islam. Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai Reformulasi Konsep Needs Assessment dalam Perencanaan Pendidikan Islam Kontemporer (Dari Kebutuhan Menuju Kebermaknaan), dapat disimpulkan empat hal penting. Pertama, perlu adanya reformulasi konsep needs assessment karena pendekatan lama masih normatif dan administratif, belum menyentuh dimensi spiritual dan sosial, sehingga perlu diarahkan menjadi lebih holistik dan kontekstual dengan era digital. Kedua, pentingnya integrasi nilai spiritual, etis, dan sosial agar analisis kebutuhan tidak hanya akademik, tetapi juga membentuk karakter insan kamil. Ketiga, pemanfaatan teknologi digital dan adaptasi global dibutuhkan untuk meningkatkan akurasi serta relevansi hasil asesmen tanpa meninggalkan prinsip syariat. Keempat, dibutuhkan model asesmen holistik dan transformatif yang menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang demi melahirkan generasi Muslim berkarakter dan berdaya saing global.</p>2025-09-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ria Puspitasari, Sinta Rodiyah, Romlah Romlah, Abdurrahman Abdurrahman