Persepsi Keluarga Tentang Pentingnya Pendidikan Non Formal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi keluarga tentang pentingnya pendidikan nonformal di Desa Limbatihu. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif dengan pendekatan fenomenologis ,dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa keluarga yang ada di Desa Limbatihu masih belum mengetahui seperti apa itu pendidikan nonformal hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Pendidikan nonformal di karenakan faktor latar belakang orang tua yang putus sekolah dan tidak sekolah sehingga membuat keluarga tidak begitu memahami seperti apa itu Pendidikan nonformal. Dari latar belakang dapat membentuk sebuah pengalaman terhadap setiap individu dalam lingkungan keluarga, pengalaman dapat memberikan sebuah informasi bagi keluarga itu sendiri terkait Pendidikan nonformal. Untuk itu dengan adanya pengalaman dapat membentuk kepribadian terhadap masyarakat ataupun keluarga yang tentunya kepribadian dapat terbentuk. Oleh karena itu terdapat sebuah sistem. Sistem yang mengorgasir dan mengelompokan yang dapat dibentuk dalam sebuah lingkungan masyarakat maupun keluarga.
References
Mahmud, (2008). Psikologi Pendidikan, Jurnal Pendidikan Nonformal, UNS, Vol.2, 4
Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Nonformal. Dimensi dalam keaksaraan, fungsional,
pelatihan, dan andaragogi, bandung : Rosda
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. analisis data kualitatif dan kuatitatif : UIP,
Jakarta.
Moleong, Lexy. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif: Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi : Bandung. Suatu Pengantar. PT. Remaja
Rosdakarya.
Mulyono, Dinno. (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal, Jurnal Ilmiah Program
Studi Pendidikan Luar Sekolah STIKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 2.
Mulyono, (2010) Konsep Pembiayaan Pendidikan: Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Nurfadilah, (2022). Pendidikan formal dan Pendidikan nonformal dalam tinjauan al-qur’an,
Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Puramdi, Ari, (2022). Implementasi System Pendidikan Nonformal Yang Bersekolah Di
Madrasah Aliyah, Jurnal pengembengan Pendidikan Nonformal, Vol. 9, 2
Sudjana, (2004). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Nonformal:
Bandung. Falah Production,
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian pendidikan Kualitatif, dan Kuantitatif : Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian pendidikan Kualitatif, dan Kuantitatif : Bandung. Alfabeta.
Undang-undang SISDIKNAS nomor 20 tahun 2003: Jakarta, Sinar Grafika