Persepsi Keluarga Tentang Pentingnya Pendidikan Non Formal

  • Yopin Dai UNG
  • Abd Hamid Isa Univeristas Negeri Gorontalo
  • Ummyssalam A.T.A Duludu Univeristas Negeri Gorontalo
  • Zulkarnain Anu Univeristas Negeri Gorontalo
Keywords: Persepsi, Keluarga, Pendidikan Non Formal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi keluarga tentang pentingnya pendidikan nonformal di Desa Limbatihu. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif dengan pendekatan fenomenologis ,dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa  keluarga yang ada di Desa Limbatihu masih belum mengetahui seperti apa itu pendidikan nonformal hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Pendidikan nonformal di karenakan faktor latar belakang orang tua yang putus sekolah dan tidak sekolah sehingga membuat keluarga tidak begitu memahami seperti apa itu Pendidikan nonformal. Dari latar belakang dapat membentuk sebuah pengalaman terhadap setiap individu dalam lingkungan keluarga, pengalaman dapat memberikan sebuah informasi bagi keluarga itu sendiri terkait Pendidikan nonformal. Untuk itu dengan adanya pengalaman dapat membentuk kepribadian terhadap masyarakat ataupun keluarga yang tentunya kepribadian dapat terbentuk. Oleh karena itu terdapat sebuah sistem. Sistem yang mengorgasir dan mengelompokan yang dapat dibentuk dalam sebuah lingkungan masyarakat maupun keluarga.

References

Mahmud, (2008). Psikologi Pendidikan, Jurnal Pendidikan Nonformal, UNS, Vol.2, 4

Marzuki, Saleh. (2010). Pendidikan Nonformal. Dimensi dalam keaksaraan, fungsional,

pelatihan, dan andaragogi, bandung : Rosda

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. analisis data kualitatif dan kuatitatif : UIP,

Jakarta.

Moleong, Lexy. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif: Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi : Bandung. Suatu Pengantar. PT. Remaja

Rosdakarya.

Mulyono, Dinno. (2012). Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal, Jurnal Ilmiah Program

Studi Pendidikan Luar Sekolah STIKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 2.

Mulyono, (2010) Konsep Pembiayaan Pendidikan: Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Nurfadilah, (2022). Pendidikan formal dan Pendidikan nonformal dalam tinjauan al-qur’an,

Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Puramdi, Ari, (2022). Implementasi System Pendidikan Nonformal Yang Bersekolah Di

Madrasah Aliyah, Jurnal pengembengan Pendidikan Nonformal, Vol. 9, 2

Sudjana, (2004). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Nonformal:

Bandung. Falah Production,

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian pendidikan Kualitatif, dan Kuantitatif : Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian pendidikan Kualitatif, dan Kuantitatif : Bandung. Alfabeta.

Undang-undang SISDIKNAS nomor 20 tahun 2003: Jakarta, Sinar Grafika

Published
2023-02-27
Section
Articles