Partisipasi Masyarakat Dalam Pelestarian Mangrove Di Desa Bumbulan Kecamatan Paguat

  • Fadlun Abdul Kadir Universitas Negeri Gorontalo
  • Abd. Hamid Isa Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Pelestarian Mangrove

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi  masyarakat dalam  pelestarian mangrove di Desa Bumbulan Kecamatan Paguat. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara  dan dokumentasi. Temuan dilapangan menunjukan  bahwa partisipasi masyarakat dalam pelestarian mangrove di Desa Bumbulan dikatakan baik yaitu berupa partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pengambilan manfaat, dan partisipasi dalam evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa yang paling dominan terhadap partisipasi masyarakat dalam pelestarian mangrove yaitu partisipasidalam pengambilan manfaat karenadengan adanya pelestarian mangrove masyarakat bisa membuat bagian dari tanaman  mangrove sebagai hasil yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

References

Anonim 2007. Undang – Undang Nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolahan Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil Republik Indonesia. Kementrian Kelautan dan Perikanan : Jakarta

Herdiansyah, Haris.2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Saparinto, C. 2007. Pendayagunaan Ekosistem Mangrove. Semarang. Dahara Prize. Edisi 1.

Supriatna, Mamat. 2010. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompotensi. Jakarata: Rajagrafindo Persada.

Novita, Reni. 2014. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lipatkain Kampar, (Online) , (http://repository.uin.suska.ac.id), diakses pada 30 Agustus 2021.

Published
2022-02-28
Section
Articles