Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Berbasis Digital

  • Sofyan Abas universitas negeri gorontalo
  • Sitti Roskina Mas Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
  • Warni Tune Sumar Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: strategi kepala sekolah, perpustakaan berbasis digital., fungsi edukasi, fungsi informasi, fungsi riset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan berbasis digital sebagai fungsi edukasi, (2) upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan berbasis digital sebagai fungsi infomasi, (3) upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan berbasis digital sebagai fungsi riset. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan alur (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui (1) Kredibilitas. Kredibilitas dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. (1) Upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan berbasis digital sebagai fungsi edukasi dengan menyediakan tempat belajar yang menyenangkan, menyediakan komputer dan layanan internet sebagai penunjang penggunan perpustakaan digital sehingga menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dalam mencari referensi. (2) Upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan digital sebagai fungsi informasi dengan menyediakan referensi dan menambah koleksi buku sehingga mempermudah siswa dalam mencari sumber referensi (3) Upaya kepala sekolah dalam memaksimalkan perpustakaan digital sebagai fungsi riset dengan memotivasi sumber daya manusia yang ada di sekolah dengan menjadikan perpustakaan digital sebagai tempat sumber rujukan dalam menyelesaiakan tugas sekolah sehingga mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas sekolah dan lebih optimalnya penggunaan perpustakaan sekolah berbasis digital. untuk itu disarankan kepada: (1) kepala sekolah: dengan adanya strategi pemanfaatan perpustakaan berbasis digital kiranya dapat lebih lagi ditingkatkan kompetensinya sehingga bisa memberikan dampak positif bagi guru dan siswa serta mengembangkan sumber keuangan sekolah dalam menyediakan sarana prasarana kebutuhan perpustakaan untuk di kembangkan lebih lanjut dengan menambahkan inovasi yang lebih menarik lagi. (2) Guru: guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran di dalam perpustakaan sehingga siswa dapat terbiasa dan mudah menggunakan perpustakaan berbasis digital (3) siswa: hendaknya terus mengasah, menumbuhkan minat baca dan mengembangkan ilmu pengetahuan selama tersedianya perpustakaan berbasis digital di sekolah yang sumber ilmunya dapat ditemukan dengan secara cepat.

References

Akdon. (2009). Manajemen Strategi Untuk Manajemen Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Agus, A. (2016). Pengelolaan Perpustakaan Digital di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.
Hasugian. (2005). Pemanfaatan internet: studi kasus tentang pola, manfaat dan tujuan pengguna internet oleh mahasiswa pada perpustakaan USU. Pustaka: Journal studi perpustakaan dan informasi. Vol. 1 juni. Hal 7-14
Hutasoit, H. (2012). Perpustakaan Digital Perpustakaan Masa Depan. Journal iqra. 6(2):2-7.
Kotler & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Genesca Exact.
Kohar, A. (2003). Teknik Menyasun Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Jakarta: Pustakawan Madya-PDII LIPI.
Mas, S. R, Arwildayanto & Nawai, F. A. (2019). Pendidikan Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Di Sekolah. UNG. Journal Management And Supervisi Education. 4(1):1-14
Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No.
43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta.
Sulistryorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kantitatif, Kualitatif & RND. Bandung. Alfabeta
Sumantri. (2008). Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syihabuddin. (2007). Dasar-dasar llmu Perpustakan dan Informasi. Skripsi. Jurusan Ilmu Perpustakaandan Informasi. Yogyakarta
Suharti. (2019). Perpustakaan Berbasis Digital Pendukung E-Learning di Era Disrupsi. Journal Bulletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. 2(1): 19-30
Suryandari, A. (2008). Aspek Manajemen Perpustakaan Digital. Jakarta: CV Sagung
Shulhan, M. (2013). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Siregar, B. (1998). Pembinaan Koleksi Perpustakaan dan Pengetahuan Literatur. Medan: Proyek Pembinaan Perpustakaan Sumatera Utara.
Setyo Susanto, E. (2010). Desain Dan Standar Perpustakaan Digital. Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 10, No. 2. November 2010.
Wiji, S. (2010). Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia
Yusuf, M. (2005). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Yazid, A. (2016). Pengelolaan Perpustakaan Digital. Journal Network of
Networks Universitas negeri yogyakarta. Yogyakarta.
Published
2022-06-17
Section
Articles