Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul

  • yulin mahmud universitas negeri gorontalo
  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kompetensi, Kewirausahaan, Sekolah Unggul

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang: 1) implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam menciptakan inovasi sekolah; 2) implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja sekolah; 3) implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam membangun kemitraan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi kasus(case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci, wakil kepala sekolah, ketua unit produksi bisnis center, wali kelas, guru dan siswa. Proses analisis data menggunakan analisis tema (thematic analysis) dengan alur: memahami data, menyusun kode, mencari tema. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas (credibility) dengan tahapan: perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. dan prosedur penelitian dilakukan dengan tahap: pra lapangan, pelaksanaan, analisis data, penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam menciptakan inovasi yaitu melakukan pengembangan kompetensi guru pada pembelajaran berbasis TIK. dan pengembangan kompetensi pada siswa yaitu peningkatan pada program SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha), pengembangan kurikulum pada metode e-learning dengan menggunakan media Teams, serta pengembangan fasilitas pendukung pembelajaran, yaitu pada gedung alfamart, ruang business center, ruang fiber optik dan laboratorium komputer disetiap kompetesi keahlian. (2) Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja yaitu dengan menjalin komunikasi dengan warga sekolah, menumbuhkan sikap disiplin, memberi motivasi kerja dan memberi penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi. (3) Implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam membangun kemitraan yaitu dengan menjalin kemitraan dalam  kegiatan pembelajaran seperti mitra-mitra dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), serta menjalin kemitraan dalam penyerapan lulusan, adapun iduka yang menjadi mitra yaitu PT. Alfaria Tbk, PT. Telkomsel, PT. Panasonic.

References

Anjar, A., Siregar, M., Ritonga, M. K., Harahap, H. S., & Siregar, Z. A. 2020. Pengaruh Perilaku Inovatif, Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Education and Development, 8(3), 26-26
Arifin, Z. 2011. Konsep Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arwildayanto, A. 2016. Pengembangan Budaya Kerja Champion Dalam Pelaksanaan Tugas Pokok Dan Fungsi Dosen Serta Pegawai Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Manajemen, 20(2), 207-227.
Darsitun, D. (2015). Kepemimpinan Kreatif (Studi Kepemimpinan SMP Al Isryad Islamiyyah Purwokerto) (Doctoral dissertation IAIN Purwokerto).
Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441-1453.
Judowati, S.A. (2010). Keefektifan pelaksanaan program unit produksi sekolah pada sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang)
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Methodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah Latihan Kepemimpinan. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia.
Mas, S. R. 2014. The Implementation of The School Principal’s Entrepreneurship Competence In The Management of Educational Hotel (EDOTEL) In SMK 3 Malang, Indonesia. IJABER, Vol. 12.
Mas, S. R. 2020. Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 267-274.
Mas, S. R., Masaong, K., Suking, A. 2021. School Principal Entrepreneurial Competency Development Model to Optimize Generating Production Unit Income. Journal of Educational and Social Research. Vol. 11.
Miladiah, S. S., Syaodih, C., & Permadi, D. (2021) Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 15 di Kota Bandung. PeTeKa, 4(3), 441-454.
Mutiarani, W. 2015. Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Se-kabupaten Bantul. Skripsi.
Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. 2017 Pengembangan model teaching factory di Sekolah Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No.2).
Oktavia, R. 2020. Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solo. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 596-605.
Permendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.
Rahayu, W. 2021. Meningkatkan Motivasi Guru Melalui Supervisi Secara Berkala dan Pemberian Pengghargaan Guru Terbaik. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 2(6),827-838.
Roziqin, Z. (2019) Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1) 44-56.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Syamsuddin, S. (2015) Peningkatan Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Pegawai Melalui Optimalisasi Pemberian Penghargaan (Reward). Shautut Tarbiyah, 21(2) 147-166.
Published
2021-12-31
Section
Articles