Pengaruh Ketersediaan Koleksi Bahan Pustaka Dengan Kualitas Pelayanan Pegawai Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa

  • Sindy Taib Universitas Negeri Gorontalo
  • Ikhfan Haris
  • Fory Armin Naway
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: ketersediaan koleksi bahan pustaka, kualitas pelayanan pegawai perpustakaan, minat baca siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh ketersediaan koleksi bahan pustaka terhadap minat baca siswa di perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo, 2). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai perpustakaan terhadap minat baca siswa di Man Insan Cendekia Goronatalo. 3). Pengaruh ketersediaan koleksi bahan pustaka dan kualitas pelayanan pegawai perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan MAN Insan Cendekia Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dengan jumlah sampel 116 dan jumlah populasi sebesar 89. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Adapun hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa 1). Terdapat pengaruh yang signifikan atau positif antara koleksi bahan pustaka terhadap minat baca siswa yang ditunjukan dengan  2). Terdapat pengaruh yang signifikan atau positif antara kualitas pelayanan pegawai perpustakaan terhadap minat baca siswa yang ditunjukkan dengan   3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara koleksi bahan pustaka dan kualitas pelayanan pegawai perpustakaan terhadap minat baca siswa yang ditujukkan dengan  Untuk itu disarankan 1). Bagi pengelola perpustakaan disarankan untuk lebih memilih pegawai perpustakaan yang ahli dibidang perpustakaan dan di tempatkan sesuai dengan kemampuan yang masing-masing. 2). Bagi pengelola Sistem informasi yang ada di perpustakaan lebih baik dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan beberapa fungsionalitas agar peserta didik mudah untuk menjangkau informasi yang dibutuhkan. 3). Bagi peneliti lainnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini dengan menambahkan beberapa faktor lain, jumlah sampel dan berbagai sumber lain untuk meningkatkan upaya minat baca siswa.   

References

Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Bafadal. 2006. Pengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara
Dames Nyoman. 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
F Rahayu Ningsih. 2007. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah. Bandung: Mospublishing.
Himayah. 2013. Katalogisasi Bahan Pustaka. Makassar : Alauddin Pres.
Ismail, R. 2019. Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Man Insan Cendekia Gorontalo. Skripsi : Universitas Negeri Gorontalo.
Moha, C. 2016. Pengaruh Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Intensitas Kunjungan di smp Negeri Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi : Universitas Negeri gorontalo.
Polinggapo, Muhammad dan Yusuf Hermanto. 2014. Pengantar Klasifikasi Bahan Pustaka Pedoman Bagi Pustakawan Sekolah. Gorontalo : UNG Press Gorontalo.
Prastowo, A. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar. Depok : Prena Media Grup.
Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Jakarta : Graha Ilmu.
Sinaga, D. 2010. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Samarinda : Bejana
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta : Alfabeta.
Surybrata Soemadi. 2003.Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yahya, S. 2018. Evaluasi Pengelolaan Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi : Universitas Negeri gorontalo.
Yulia, Y. 2009. Pengolahan Bahan Pustaka. Jakarta :Universitas Terbuka
Published
2022-03-07
Section
Articles