Analisis Mutu Pelayanan Kearsipan di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formula persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelayanan bukti fisik berada pada kategori sangat baik, 2) Pelayanan daya tanggap berada pada kategori baik, 3) Pelayanan jaminan berada pada kategori cukup baik, 4) Pelayanan empati berada pada kategori baik. Untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan pegawai penelitian ini menyarankan: 1) Perlu adanya sarana yang menghubungkan antara ruang pelayanan dengan mutu layanan pegawai sehingga apabila mutu layanan pegawai kurang baik dapat dengan cepat diatasi oleh keduanya. 2) Perlu adanya alat komunikasi yang menghubungkan antara pegawai ruang pelayanan dengan pengguna layanan sehingga ketika pengguna layanan membutuhkan dukumen dapat menanyakan keberadaan dokument melalui sarana komunikasi agar dapat meningkatkan mutu layanan pegawai di lembaga kantor Penjaminan Mutu Kota Gorontalo. 3) perlu adanya kualitas pelayanan yang memadai agar pegawai dapat memberikan konstribusi yang optimal sehingga pelayanan yang di berikan oleh kantor tentunya tidak hanya untuk memberikan kepuasan semata. 4) perlu adanya pegawai untuk memperhatikan para pengunjung agar keinginan atau kebutuhan bisa terpenuhi dengan maksimal
References
Moenir. 2001. “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia”.Jakarta : Bumi Aksara.
Griffin, RW, 2000. Management, “Managing Total Quality”, Houghton Miffin Company, USA
Sinambela, Lijan Potlak, dkk. 2010. “Reformasi pelayanan public”. Jakarta: Bumi Aksara.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek) Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat: Depok
Copyright (c) 2022 Rivandi Ilahude, Ansar Ansar, Intan Abdul Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.