Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Unggulan

  • Apriyanti Lawani Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pendidikan Karakter, Intrakurikuler, Ko-kurkuler, Ektrakurikuler, Pembiasaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi penguatan pendidikan karakter sekolah unggulan dengan sub fokus sebagai berikut : (1) Pengintegrasian penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler dan ko-kurikuler; (2) Pengintegrasian penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler; (3) Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif jenis studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi berperan serta studi dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling atau snowball sampling. Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data kasus tunggal dengan reduksi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Kegiatan intrakurikuler dan ko-kurikuler merupakan rangkaian kegiatan yang ada disekolah yang memuat tentang proses belajar mengajar dan menjadi wadah untuk menguatkan pendidikan karakter. nilai karakter yang diterapkan pada kegiatan intrakurikuler dan ko-kurikuler merupakan beberapa nilai karakter yang telah ditetapkan oleh depdiknas seperti religius, mandiri, rasa ingin tahu, nasionalis , dan gotong royong (2) Kegiatan ektrakurikuler didasarkan pada kebutuhan siswa yang telah dirancang sebelumnya oleh sekolah , yang waktu pelaksanaannya dilakukan secara terjadwal sesuai dengan struktur kurikulum. Karakter yang akan dikuatkan dalam kegiatan ektrakurikuler mengacu pada beberapa karakter yang telah ditetapkan oleh depdiknas (3) Penguatan pendidikan karakter pada kegiatan pembiasaan merupakan implementasi dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh warga sekolah. Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah, dengan nilai karakter yang dikuatkan sudah berdasarkan nilai karakter yang telah ditetapkan oleh kemendikbud seperti religius, gotong royong, dan lainnya. Rekomendasi penelitian: (1) Kegiatan- kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran maupun pendidikan karakter seyogyanya menjadi agenda penting bagi sekolah yang perlu diperhatikan dalam melahirkan peserta didik yang berprestasi dan berkarakter. (2) Sekolah perlu mengadakan lagi berbagai variasi kegiatan yang ada hubungannya dengan pendidikan karakter, agar penguatan pendidikan karakter tidak monoton. (3) Penguatan pendidikan karakter hendaknya diagendakan secara rutin, dan dilakukan evaluasi menyeluruh untuk melihat seberapa berhasilkah pendidikan karakter yang telah ditanamkan.

References

REFERENSI
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya
Asmani, Jamal Mamur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Heri, Gunawan. 2014. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Nomor 66 Tahun 2013
Poster, Cyril. 2000. Gerakan Menciptakan Sekolah Unggul. Jakarta : Lembaga Indonesia Adidaya
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Law No 20, 2003, on the National Education System.]
Robert, k. Yin. 1984. Studi Kasus : Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rowe, Mason, Dickel, Snyder. 1989. Strateguc Management. New York: Publishing Company
Samani, Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Satori .2011 Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryajaya, Martin. 2014. Tiga Tantangan Jokowi-JK di Bidang Pendidikan. Indo Progress : Media Pemikiran Progresif
Tilaar. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta: Rieneka Cipta
Umi, Kalsum. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter: Paikem. Jakarta: Gema Pratama Pustaka
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman. 2010. Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan Standarisasi dan Pembelajarannya. Bandung: Perpustakaan Digital UPI
Zainal dan Sujah. 2011. Panduan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Hirma Wijaya
Published
2022-12-31
Section
Articles