Inovasi Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuni Husain Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Inovasi, Kepala Sekolah, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo, (2) strategi inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo, (3) dampak inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 di MI Terpadu Al Ishlah Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari kondensasi data,  penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) program inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 berupa, program pendidikan interaktif berbasis rumah (PIBER) dengan menggunakan zoom dan video pembelajaran sebagai media pembelajaran, kunjungan rumah (Home Visit) memecahkan segala persoalan yang timbul dalam pembelajaran secara virtual atau online dan (School visit) siswa mengunjungi sekolah setiap sepekan sekali, (2) strategi inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19 berupa, melakukan pengembangan kurikulum dengan memilih dan memilah kompetensi dasar yang esensialnya wajib didapat oleh anak, pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memadukan teknologi sebagai media penghubung dalam pembelajaran, pengembangan teknologi informasi dalam pembelajaran dilakukan melalui pemberian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, (3) dampak inovasi kepala sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran di masa pandemic covid-19, memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran secara online dan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran.

 

References

AnPugraha, A. 2020. Hambatan Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa andemic Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 10(3), 282-289.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Andrian, R. Andriany, D.A dan Lailla, S.K. 2010. Meningkatkan Kualitas Guru Dalam Menguasai TIK Melalui Program Microsoft In Learning (Pil) Dan Aplikasi Moodle. Jurnal Pendidikan. 1(1), 1-6.
Fajri, K.N. 2019. Proses Pengembangan Kurikulum. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan. 1(2), 35-48.
Hanum, N.S. 2013. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(1), 90-102.
Hidayatillah, Y. Jamilah. dan Indraswari, N.F. Dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru Dan Dosen Kreatif. Jawa Timur: CV Global Aksara Press.
Limbong, O.P. Tambunan, W. dan Limbong, M. 2021. Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di SMK Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemic. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10(1), 38-45.
Megandasari. 2021. Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Inovasi Kurikulum. 18(1), 1-9.
Nugraha, F. dan Riga, Z.N. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5), 4037 – 4044.
Racman, S.A. 2020. Pentingnya Penyediaan Lingkungan Yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Dimasa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 6(3), 480-487.
Rivalinan, R. 2014. Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 18(2), 165-176.
Rosali, E.S. 2020. Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (Geosee). 1(1), 21-30.
Sari, D.N. Alfansuri, F.N. dan Aini, R.Q. Dkk. 2021. Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Dan Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar Akibat Pembelajaran Daring. Journal Of Multidisciplinary Studies. 5 (2), 345-362.
Sagala, S. 2017. Human Capital (Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas). Depok: Kencana.
Sinsuw, A.A. dan Alwin, M.S. 2017. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer. 6(3), 105-110.
Suhendro, E. 2020. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 5(3), 133-140.
Syamsudin. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(1), 45-50.
Published
2022-05-30
Section
Articles