Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah

  • Oktaviani Abzul Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: inovasi, kepala sekolah, budaya mutu sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) inovasi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Gorontalo, (2) inovasi kepala sekolah dalam keterampilan manajerial di SMA Negeri 3 Gorontalo, dan (3) inovasi kepala sekolah dalam pengembangan kewirausahaan di SMA Neger 3 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan tahap: (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) inovasi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Gorontalo terdapat inovasi model pembelajaran yang meliputi: pembelajaran tatap muka terbatas dengan model student centered learning, media pembelajaran berupa, LCD, laptop dan cooperative learning menggunakan media gambar, pembelajaran daring menggunakan Google Classroom, Google Meet, video pembelajaran, model pembelajaran berbasis kehidupan nyata, pembelajaran luring dengan model pembelajaran (home visit), dan pembelajaran Hybrid Learning. Dan inovasi strategi pembelajaran yang meliputi, student centered learning, video pembelajaran, diskusi kelompok, ceramah, (2) inovasi kepala sekolah dalam keterampilan manajerial di SMA Negeri 3 Gorontalo terdapat keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, dan keterampilan tekhnik, (3) inovasi kepala sekolah dalam pengembangan kewirausahaan di SMA Negeri 3 Gorontalo terdapat inovasi pengembangan SDM melalui sosialisasi, workshop, proses pembelajaran, praktik kerajinan tangan dan inovasi pengembangan produk terdapat kantin sekolah, koperasi siswa, karya tulis dalam bentuk buku, short movie, hasil kerajinan tangan, dan tanaman holikultura. Untuk itu disarankan (1) Bagi kepala sekolah, disarankan mampu memotivasi guru dan pegawai dalam peningkatan mutu sekolah, melakukan pengontrolan atau pengawasan disetiap program sekolah, melakukan evaluasi pada setiap program sekolah sehingga mendapatkan feedback dalam peningkatan program sekolah, (2) bagi guru, dalam peningkatan program sekolah guru lebih giat dalam mengikuti rapat atau musyawarah yang diadakan oleh kepala sekolah sehingga dapat mengetahuo setiap program yang akan direncanakan di sekolah, (3) bagi siswa, walau dalam masa pandemi Covid-19 siswa seharusnya tetap lebih giat dalam belajar dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas bahkan pembelajaran secara daring, dan (4) bagi peneliti lain, disarankan untuk meneliti tentang kepala sekolah memotivasi dan memimpin guru dalam peningkatan program sekolah.

References

Bagire, V. dan Juliana, N. 2013. Managerial Skills, Financial Capability and Strategic Planning in Organizations. American Journal of Industrial and Business Management. 3: 480-487.

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati. 2017. Pemanfaatan Pembelajaran Daring. UNJ

Karweti, E. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(2): 73-84.

Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 2(1):67-76.

O’Byrne, W. I dan Kristine, E. Pytash. 2015. “Hybrid and Blended Learning: Modifying pedagogy Across Path, Face, Time, and Place”. Journal of Adolescent & Adult literacy. 59(2): 137-140.

Rigianti, A. Henry. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an. 7(2): 297-302.

Solihatin, E. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhendro, E. 2020. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 5(3):133-140.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, A. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.
Published
2022-05-30
Section
Articles