Potensi Kewirausahaan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi kewirausahaan mahasiswa yang dilihat dari kreativitas kewirausahaan, inovasi kewirausahaan, motivasi berwirausaha, mencari solusi dan pengambilan resiko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kreativitas kewirausahaa berada pada kategori baik dengan presentase yaitu 82.6%. (2) inovasi kewirausahaan berada pada kategori baik dengan presentase yaitu 80.7%. (3) motivasi berwirausaha berada pada kategori baik dengan presentase yaitu 82.42%. (4) mencari solusi berada pada kategori baik dengan presentase yaitu 85%. (5) pengambilan resiko berada pada kategori baik dengan presentase yaitu 83.2%. Untuk itu disarankan: (1) untuk dosen diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari bagaimana cara meningkatkan potensi kewirausahaannya dengan baik sehingga bisa bermanfaat dimasa yang akan dating, Diharapkan agar tidak bosan-bosannya membimbing mahasiswa untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, Karena tanpa adanya dukungan dan bimbingan dari dosen, mahasiswa tidak akan bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. (2) untuk mahasiswa diharapkan lebih serius dalam menerima pembelajaran yang diberikan dosen, serta bisa memanfaatkan peluang yang ada sehingga perjalanan menuju seorang wirausaha muda yang sukses bisa terwujud. (3) untuk peneliti selanjutnya di harapkan dapat di jadikan sebagai bahan referensi untuk peneliti selanjutnya di lokasi yang berbeda.
References
Buchari Alma. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Djafri.2015.Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Empati dan Motivasi Terhadap Budaya Organisasi.Fakultas Ilmu Pendidikan: 01, 59-73
Mas, S.R.2020. Integrasi Kreativitas dan Inovasi pada Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pendapatan Unit Produksi. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 267-274
Mowen, J. C., & Minor, M. 2005. Consumer Behaviour. Boston: Irwin.
Mustari Mohamad.2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Rufaidah Erlina, Kodri.2020. Strategi Inovasi dan Kreativitas Berwirausaha Era Revolusi 4.0.Bandung: Alfabeta.
Suryana.2015.Kiat dan Proses Menuju Sukses.Jakarta: Salemba Empat
Widiyarini.2018.Mengurangi Pengangguran Dengan Meningkatkan Semangat Kewirausahaan Melalui Pelatihan Jasa Laundry.Jakarta: Universitas Indraprasta 10(3) 2018
Wulandari A., dan Deliabilda S., A.2020. Keberanian Mengambil Resiko Bisnis Pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. 22 (3), 217-227
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Copyright (c) 2023 Sasrawati Isiha, Sitti Roskina Mas, Nina Lamatenggo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.