Implementasi Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Limboto

  • Zenab I Bakari UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
  • Nina Lamatenggo Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulystiawati Zulystiawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: sekolah ramah anak, perencanaan, implementasi, evaluasi

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perencanaan sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto, (2) pelaksanaan sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto, dan (3) evaluasi sekolah ramah anak di SMK Negeri I Limboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sekolah ramah anak berada pada kategori cukup baik dengan presentase 78%, (2) pelaksanaan sekolah ramah anak berada pada kategori cukup baik dengan presentase 76%, dan (3) evaluasi sekolah ramah anak berada pada kategori kurang baik dengan presentase 70%. Untuk itu disarankan kepada sekolah untuk: (1) meningkatkan perencanaan khususnya dalam memberikan konsultasi anak kepada siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan dan aspirasi siswa dalam mewujudkan sekolah ramah anak, (2) meningkatkan pelaksanaan khususnya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang masih kurang dan belum memenuhi kapasitas, pengadaan pelatihan untuk semua pendidik dan tenaga kependidikan, serta  partisipasi alumni dan orangtua dalam mewujudkan sekolah ramah anak, (3) meningkatkan evaluasi dalam pelaksanaan pemantauan secara internal yang dilakukan sendiri oleh sekolah, (4) bagi peneliti lainnya diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian kedepannya.

References

Artadianti, K. & Subowo, A. (2017). Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Percontohan di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal Public Policy and Management Review. 6(3)
Djafri, N. (2008). Pengaruh kegiatan ekstrakuler terhadap prestasi belajar siswa pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Jurnal inovasi, 5(3).
DJAFRI, N., ARWILDAYANTO, A., & SUKING, A. Organizing Educators Psychology in Dealing With the New Normal Digital Diera 4.0. JournalNX, 6(11), 191-198.
Irmayani H. A. R Tokan, (2008). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Kebijakan dan Strategi Sekolah Ramah Anak pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2(1)
Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu HinggaMassa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ngadiyo. 2013.”Homeschooling, Melejitkan Potensi Anak.” Majalah Embun, Edisi 49-V-Rajab 1434.Mei 2013, hlm 18.
Sutami, B., Setyawan, D., &Fithriana, N. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Batu. Jurnal Reformasi. 10(1).
Utari, Ranti Eka. (2016). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Tempura Kabupaten Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 7 Volume V tahun 2016.
Wuri, Wuryandani. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak melalui Sekolah Ramah Anak, Jurnal civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol. 15 No. 1 Tahun 2018.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154.
Zakiyah, S. N. (2017). Pengembangan Sekolah Ramah Anak Berbasis Edutainment di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga (Doctoral dissertation, IAIN).
Zulystiawati, Z., & Ibrahim, M. S. (2021). To Be Ok or Not to Be ok: The Youth Leaders’ Perception on Mental Health. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 9927-9936.
Published
2023-06-30
Section
Articles