Efektivitas Penggunaan Digital Library di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo
Abstract
Mutiara Soman. 2021. Efektivitas Penggunaan Digital Library Di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo. Skripsi. Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Zulystiawati, M.Ed. PhD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan digital library di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo yaitu tentang 1) efektivitas pengelolaan aplikasi Digital Library, 2) efektivitas peminjaman dan pengembalian buku dengan penggunaan Digital Library, 3) efektivitas kontrol pemanfaatan perpustakaan dengan penggunaan Digital Library, 4) manfaat atau hal-hal positif yang didapatkan dalam penggunaan Digital Library. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksplanatori. Jumlah populasi penelitian yaitu 409 orang dan sampel penelitian yaitu 56 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis presentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) efektivitas pengelolaan aplikasi Digital Library berada pada kriteria sangat efektif dengan presentase 87.02%, 2) efektivitas peminjaman dan pengembalian buku dengan penggunaan Digital Library berada pada kriteria efektif dengan presentase 83.69%, 3) efektivitas kontrol pemanfaatan perpustakaan dengan penggunaan Digital Library berada pada kriteria efektif dengan presentase 78.78%, 4) manfaat atau hal-hal positif yang didapatkan dalam penggunaan Digital Library berada pada kriteria efektif dengan presentase 82.43%. Untuk itu disarankan: 1) efektivitas peminjaman dan pengembalian buku dengan penggunaan Digital Library lebih ditingkatkan lagi yaitu perpustakaan memberikan tambahan waktu dalam peminjaman dan pengembalian buku dengan menggunakan Digital Library, 2) Perlu adanya tenaga profesional yang ahli di bidang pengelolaan website sehingga yang dapat mengontrol siswa dalam menggunakan Digital Library sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan menjadi lebih efektif lagi, 3) Perlu adanya pengembangan dalam mendesain aplikasi maupun program yang akan digunakan oleh pihak perpustakaan sekolah khususnya Digital Library agar dapat memotivasi siswa untuk selalu menggunakan layanan perpustakaan khususnya Digital Library.
References
A. Ridwan Siregar. 2008. Perpustakaan Elektronik: Definisi, Karakteristik dan Penangannya. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Arms, W.Y. 2001 , Digital Libraries, Cambridge: Massachusetts.
Abdul Rahman Saleh dan Rita Komalasari. 2014. Manajemen Perpustakaan. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.
Darmono. 2007. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Darmono, 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo.
Hartono. 2016. Manajemen sumber informasi perpustakaan. Yogyakarta: Calpulis.
Mulyadi. 2016. Pengelolaan Perpustakaan Digital. Palembang. Noer Fikri.
Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provins, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
P. Sumardji. 2001. Pelayanan Perpustakaan. Yogyakarta: kanisius.
Saleh. Abdul Rahman. 2003. Model Perpustakaan Digital di Indonesia Sebuah Usulan. Jurnal Media Pustakawan. Vol. 10 No. 1. Maret 2003. Jakarta: Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI.
Supriyanto, W. & Muhsin, A. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan: Strategi Perancangan Perpustakaan Digital. Yogyakarta: Kanisius.
Copyright (c) 2022 Mutiara Soman, Arifin Arifin, Zulystiawati Zulystiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.