Analisis Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo

  • Nadila Mamonto Universitas Negeri Gorontalo
  • Fory Armin Naway Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Abdul Razak Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Luthfi Ardhian Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: kinerja pegawai, kualitas kerja, kuantitas kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pegawai, yaitu (1) kualitas kerja, dan (2) kuantitas kerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo dengan jumlah responden 35 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Kualitas kerja pegawai meliputi: (a) kesesuaian antara kemampuan diri dengan tupoksi di unit kerja, (b) kemampuan bekerja di unit kerja, (c) kemampuan dalam mengerjakan tugas secara mandiri/tanpa bantuan orang lain, (d) kemampuan mengatasi masalah pekerjaan secara mandiri, (e) kemampuan dalam mengerjakan/menyelesaikan tugas sesuai dengan komitmen, dan (f) kepatuhan menjalankan tugas sesuai aturan kerja berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 83,66%; (2) Kuantitas kerja pegawai meliputi: (a) pencapaian terhadap target yang harus dikerjakan/ diselesaikan di kantor, (b) kemampuan dalam menyelesaikan semua tugas yang harus diselesaikan/dikerjakan, (c) jumlah pekerjaan yang terselesaikan, (d) kemampuan dalam  menggunakan peralatan kantor, (e) kecepatan kerja dalam memanfaatkan peralatan kerja kantor, dan (f) kemampuan penggunaan waktu dalam  menyelesaikan tugas/pekerjaan berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 83,12%. Secara keseluruhan, kategori kinerja pegawai berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata sebesar 83,39%. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu diharapkan kepada pegawai untuk meningkatkan kompetensinya supaya bisa menjadi pegawai yang berprestasi dan meningkatkan pengetahuannya sesuai dengan bidang pekerjaan di unit kerjanya. Selain itu, diharapkan kepada pegawai untuk datang di kantor tepat waktu dan mengupayakan untuk senantiasa menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang telah diberikan.

References

Anwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ceswirdani, Sjafitri, H., & Candra, Y. 2017. Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Kuranji. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(1), Hal. 1-6.
Gay, L.R & Diehl, P.L. 1992. Research Methods for Business and Management. New York: Macmillan Publishing Company.
Hutauruk, B., Sutardjo, A., & Hadya, R. 2021. Pengaruh Kualitas Kerja dan Komitmen Kerja Terhadap Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Matua, 3(3), Hal: 431-446.
Islamy, F.J. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun. Jurnal Indonesia Membangun,18(2), Hal. 30-44.
Kusuma, D.M. 2013. Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, Vol. 1, No. 4, Hal: 1388-1400.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mangkunegara, A.P. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Marcana. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Masaong. A.K., dan Tilome, A.A. 2011. Kepemimpinan berbasis Multiple Intelligence (Strategi Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung: Alfabeta.
Matutina. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard; Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Laporan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Pasolong, H. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Rama, M.I., & Nartin. 2020. Kinerja Organisasi pada Kantor Lurah Arombu Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negar, 7(3). Hal. 490- 500.
Rivai, V., & Sagala, J. 2005. Performance Appprasial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Robbins, S.P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Siagian, S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Jakarta.
Published
2023-06-30
Section
Articles