Hubungan Budaya Religius Sekolah dan Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Berprestasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui teknik Ex Post Facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 298 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan yakni analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) budaya religius sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukkan bahwa semakin efektif penciptaan budaya religius yang dilakukan pada madrasah maka akan semakin tinggi motivasi siswa untuk mencapai prestasi, (2) kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota Gorontalo. Hasil positif menunjukkan bahwa semakin baik tingkat kecerdasan siswa dalam hal emosional maka motivasi siswa untuk mencapai prestasi akan semakin tinggi pula, serta (3) budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan motivasi berprestasi siswa di MAN 1 Kota Gorontalo. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa sangatlah ditentukan oleh budaya religius sekolah dan kecerdasan emosional, dimana kedua faktor ini dapat dioptimalkan oleh madrasah melalui berbagai program madrasah.
References
Fikry, Khairani. 2017. Kecerdasan Emosional Dan Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Skripsi Di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matapa. Vol.
Goleman, D. (2016). Emosional Inteligence : Kecerdasan Emosional (Alih Bahasa: T. Hermaya ). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Haris, Ikhfan 2016. Indeks Kinerja Sekolah: Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kemandirian Mutu dan Inovasi Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Kadir, Hadija; Ansar Made dan Ikhfan Haris. 2017. Analisis Penguasaan Soft Skill Berorientasi Kerja Mahasiswa Jurusan Pariwisata Fakultas Sastra Dan Budaya Unversitas Negeri Gorontalo. JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Volume 2 Nomor 1
Mas, Sitti Roskina dan Agustinah Sumo. 2017. Transformasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Siswa SMK. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2 Maret 2017: 115 – 121
Masaong, Abd Kadim dan Ansar. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah (Teori, Model, dan Implementasi). Gorontalo: Sentra Media
Masaong, Abdul Kadim. 2017. Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intellegence pada Sekolah Menengah Pertama, Bandung:AlfaBeta
Masaong dan Tilome. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muallip. 2014. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius. Pascasarjana UIN Mualana Malik Ibrahim Malang.
Muhaimin. 2001. “Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya.
Noviati, Nur Pratiwi. 2015. Stres Kerja Ditinjau dari Kecerdasan Emosi, Modal Psikologis dan Dukungan Sosial. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Vol. 20 nomor 1 (2015)
Nurliah. 2018. “ Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa”
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPPS Versi 20. Jakarta : Pt Elex Media Kompitindo.
Towalu, Kristina; Sukarman Kamuli, dan Zulaeha Ngiu. 2020. Penguatan Karakter “Integritas” Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Kompetensi Keahlian Nautika Kapal
Triana, Rahmi, dan Putra. 2016. Konstribusi Persepsi Pada Beban Kerja Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Stres Kerja Guru Di SMP Yang Tersertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 1-17
Undang-undang No. 20/2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat (1)
Uno, H. 2006. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Copyright (c) 2023 Sri Yulianti Mahabu, Abd Kadim Masaong, Zulystiawati Zulystiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.