Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Hypermedia

  • Larahayu Wandira Taher Berkolaborasi
  • Arwildayanto Arwildayanto Univerisitas negeri gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Univerisitas negeri gorontalo
Keywords: Pembelajaran, Hypermedia, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo, (2) penerapan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo, (3) evaluasi pembelajaran berbasis Hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistic. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran berbasis hypermedia disekolah SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik, (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik, (3) evaluasi pembelajaran berbasis Hypermedia di SMA Negeri Se-Kota Gorontalo termasuk dalam kategori baik. untuk itu disarankan: (1) Bagi kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan pendidik  dan siswa agar lebih siap mengikuti pembelajaran menggunakan hypermedia, (2) Bagi guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi sehingga lebih siap dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan hypermedia, (3) Bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan di bidang teknologi,  informasi dan komunikasi sehingga lebih siap dalam mengikuti pembelajaran menggunakan hypermedia, (4) Bagi peneliti berikutnya, hendaknya melakukan kajian yang lebih mendalam mengenai pengelolaan pembelajaran berbasis hypermedia, dengan menggunakan teknik ataupun metode lainya dan mempeluas pengetahuan dibidang pendidikan dan pengelolaan metode pembelajaran.

References

Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbass Media E-Learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41-47. http://doi.org/10.47435/naskhi.v3il.554
Dwiyanto, H. (2019). Rancangan Pembelajaran Orang Dewasa Berbasis Hypermedia. 1–10.
Hamid, I. (2012). Penggunaan Hypermedia pada Mata Kuliah Kalkulus II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Mtematika FKIP UNKHAIR. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.
Hanifa, N., Djaenudin, R., & Koryati, D. (2015). Pengembangan Hypermedia Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di Sma Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 2(2), 96–105. https://ejournal.unsri.ac.id
Ikhsan M, (2012) Efektivitas Pembelajaran Yang Menggunakan Hypermedia Dan Power Pont Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Ditinjau Dari Kemampuan Visuospasial di Sma Negeri Se-Kabupaten Nganjuk.
Jaya, H. (2017). Perancangan Hypermedia Berbasis Web Pada Mata Kuliah Elektronika Digital Jurusan PTA-FT Unm. Jurnal Elektronika Telekomunikasi & Computer, 12(2), 38–50
Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia, Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra 99-104.
Pupuh F. & Sobry M. S (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama
Pujawan, H., & Agus, K. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) di Politeknik Ganesha Guru. Jurnal Teknologi Edukasi, 2(1), 61–66.
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Mediaa Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). Https://Doi.Org/10/21831/Istoria.V14i1.19398
Roestiyah, NK., (2001) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Susilawati, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Hypertext dan Hypermedia dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 2(2), 143. https://doi.org/10.18860/jpips.v2i2.6844
Saman, A., Aryani, F., & Ilham Bakhtiar, M. (2017). Konsep Hypermedia dalam Pembelajaran berbasis WEB. Seminar Nasional Universitas Negeri Makassar, 8–9.
Thoha, M.C. (1990). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana.
Zaenal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-12-31
Section
Articles