Evaluasi Program Pendidikan Karakter

  • Siti Maruya Daud Universitas Negeri Gorontalo
  • Fory Armin Naway Universitas Negeri Gorontalo
  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Evaluasi, Pendidikan Karakter, model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui (conteks) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (2) untuk mengetahui masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (3) untuk mengetahui proses (process)  program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang, (4) untuk mengetahui produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi model CIPP, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 22 orang, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase.  

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konteks (context) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (2) masukan (input) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (3) proses (process)  program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik, (4) produk (product) program pendidikan karakter di lingkungan SMP Negeri 1 Kaidipang berada pada kategori sangat baik atau terpenuhi dengan baik.

Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan Karakter, Model CIPP

References

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasonal, Direktorat
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan pelaksanaan pendidikan nasional. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Cetakan Kedua. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Stufflebeam. 2003. Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina: Jurnal Vol. XIV, No.1:3
Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2013 Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Widoyoko, E. 2009. EvaluasiProgram Pembelajaran. Yokyakarta: Pustaka Belajar
Widyoko, Eko Putro. 2015. Model Evaluasi Program Pembelajarn Di SMP. Purworejo. Jurnal pendidikan. No. 2 Vol. 2.
Published
2023-06-30
Section
Articles