Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Pembelajaran

  • Cindrawati A Talango Universitas Negeri Gorontalo
  • Warni Tune Sumar Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Guru, Teknologi Informasi, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi pemanfaatan teknologi informasi oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini berfokus pada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pemanfaatan teknologi informasi oleh guru dalam pembelajaran yang dilakukan mencakup penyusunan RPP, perancangan bahan ajar dan strategi pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan aplikasi, metode, dan pendekatan yang disesuaikan, (2) pelaksanaan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran dilakukan secara digital, dengan menggunakan internet dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, serta (3) evaluasi pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran dilakukan melalui google form, aplikasi kuis, dan aplikasi E-raport khusus untuk pengelolaan penilaian.

References

Ades, S. (2011). Model-Model Pembelajaran. Bumi Aksara.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1). https://doi.org/10.61476/xy1xwh12

Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.

Darnita, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, M. (2014). Pengaruh penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Belajar TIKOM dengan Kovariabel Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Dwijendra Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1).

Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2).

Fibra, N. P., & Indrawadi, J. (2021). Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar. Journal of Education, Cultural and Politics, 1(2). https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.13

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Mikrotik, 2(1).

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Jaya, F. (2020). Perencanaan Pembelajaran. UINSU Medan.

Kurnia, W. R., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Indonesiam Journal for Physical Education Dan Sport, 2(1).

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Dasar. Remaja Rosdakarya.

Nofitasari, & Ahsani, E. L. F. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2).

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Snar Baru Algesindo.

Sujoko, S. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Sumiati, A., Widyastuti, U., & Sariwulan, T. (2017). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Modul Berdasarkan Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Pembelajaran Guru SMK Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1). https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.07

Suryosubroto, S. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT Rhinea Cipta.

Sutirna. (2018). Game Education: Aplikasi Program Kahoot Dalam Tahap Apersepsi Proses Belajar Mengajar. Semnas Ristek, January 2018.

Widodo, C. S., & Jasmadi, J. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Elex Media Komputindo.

Winataputra, U. S. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Published
2024-12-31
Section
Articles