Daya Juang Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi dalam Penyelesaian Studi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur persentase daya juang mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dalampenyelesaian studi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo menggunakan dimensi (1) control, (2) origin, (3) ownership, (4) reach, dan (5) endurance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan jenis deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Fakultas IlmuPendidikan yang menerima beasiswa Bidikmisi tahun 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakanpurposive random sampling dengan sampel sejumlah 104 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angketdan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa secara keseluruhan rata-rata dari kelima dimensi berada pada kategori tinggi denganpersentase 83,8. Secara rinci, dimensi control berada pada kategori tinggi (85,7%), dimensi origin berada pada tingkat tinggi (84,5%), dimensi ownership berada pada kategori tinggi (82,3%), dimensi reach berada pada kategori tinggi (84,6), dan dimensi endurance pada kategori tinggi (81,2%).
References
Arifin, N. (2022). Pengaruh Daya Juang dan Kemandirian Belajar Secara Online terhadap Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2244
Armadani, D. P., & Laksmiwati, H. (2022). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7).
Astuti, D. H., Fauzi, A., & Samsuruhuda, S. (2019). Efektivitas Program Beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.3586
Harahap, I. D., & Pranungsari, D. (2020). Hubungan antara konsep diri dan adversity quotient dengan kecemasan menghadapi masa depan remaja jalanan. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26555/jptp.v2i1.16948
Megawati, E., & Megawanti, P. (2021). Korelasi antara Kecerdasan Adversitas dan Performa Akademik Mahasiswa EFL. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Noviriani, E. (2021). Eksplorasi Kecerdasan Daya Juang (Adversity QUotient) Mahasiswa Akuntansi dalam Tinjauan Fenomenologi. Sebatik, 25(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1670
Qodriyah, Q., Sutja, A., & Wahyuni, H. (2023). Pengaruh Kemampuan Mengelola Emosi terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1991
Rosalina, D. (2022). Penerapan Layanan Informasi Melalui Teknik Lead Untuk Mengatasi Konflik Antara Teman Sebaya Kelas X di MAS PAB 4 Klumpang T.A 2021/2022. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Stoltz, P. G. (1997). Adversity quotient: Turning obstacles into opportunities. John Wiley & Sons, Inc.
Copyright (c) 2025 Melisya Humonggio, Arwildayanto Arwildayanto, Nur Luthfi Ardhian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.