Implementasi Praktek Kerja Industri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui implementasi praktek kerja industri di smk negeri 1 gorontalo. Metode pada penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksplanatori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Indikator Perencanaan Memiliki Presentase 90,18 % dan Memiliki Kriteria Sangat Baik sehingga Dapat Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa-siswa Sesuai dengan Bidang Keahliannya (2) indikator Pelaksanaan Memiliki Presentase 92,18 % dan Memiliki Kriteria Sangat Baik sehingga Dapat Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa-siswa Sesuai dengan Bidang keahliannya (3) Indikator Pengawasan/Monitoring Memiliki Presentase 91,95 % dan Memiliki Kriteria Sangat baik. Dengan Hasil Presentase itu Dapat Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa-siswa Sesuai dengan Bidang Keahliannya (4) indikator Evaluasi Memiliki Presentase Yaitu 92,20 % dan Memiliki Kriteria Sangat Baik Sehingga Dapat Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa-siswa sesuai dengan bidang keahliannya yang Profesional dan Mampu bersaing di Dunia Industri.. Untuk disarankan: Bagi Sekolah yaitu dapat Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa-siswa Sesuai dengan Bidang Keahliannya di SMK Negeri 1 Gorontalo maka perencanaan perlu di kembangkan dalam pelaksanaan kegiatan praktek kerja Industri. Bagi Guru yaitu Dapat dijadikan Acuan untuk lebih Meningkatkan dan Mengembangkan Lulusan yang profesional, Bagi Siswa yaitu Menambah wawasan dan patokan untuk lebih meningkatkan diri agar menjadi Lulusan yang Profesional dibidang keahliannya. Bagi Peneliti Selanjutnya yaitu dapat meperluas wilayah penelitian untuk meningkatkan hasil Karya Tulis Ilmiah dan bisa menjadi acuan dan masukan bagi penelitian selanjutnya.
References
Andaryatin. S, Studi Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan 2010
Arikunto Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan X, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2006 Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Brinkerhoff, Robert o. Program Evaluation: A practitioner’s Guide for Trainers and Educationer, fourth edition Boston: Keluwer Nijboff, Publishing, 1986.
Daryanto, H. (2008) Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Depdikbud. (1977). Kegiatan PRAKERIN. Jakarta. DEPDIKBUD
Depdikbud. (1995). Tahap Pelaksanaan PRAKERIN. Jakarta. DEPDIKBUD.
Depdiknas (2013) Undang-undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dikmenjur. (1999) Prakerin Sebagai Bagian Dari Pendidikan Sistem Ganda Jakarta Depdikbud.
E.Mulyasa. (2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Farida Yusuf Tayibnapis, (2000) Evaluasi Program, Jakarta: Reneka Cipta. Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja
George R, Tery. (1986) Monitoring dan evaluasi proyek Pendidikan. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
George R, Tery. (2006) Monitoring dan evaluasi proyek Pendidikan. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
H. Nasution. (1999). Evaluasi Program. Bandung: Angkasa.
Hamalik, Oemar . (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Jayuz, Hisyham. (2013). Pengelolaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK N 2 Jember. html. Diakses pada tanggal 20 November 2019
Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Dit Dikmenjur, 1994
Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 pasal 3 ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 15
prihartono, (2008), Pelaksanaan Kurikulum SMK. Tangerang : Binarupa Aksara Publisher.
Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet, 2005, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. IV, Jakarta: Rieneka Cipta.
Stufflebeam, D. L. 2003. The CIPP Model for Evaluation. the article presentedat the 2003 Annual Conference of the Oregon Program evaluators Netwoek
Sudjana, (2004). Evaluasi Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono,2016.Metode Penelitian Manajemen. Cetakan kelima.Bandung.Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refrika Aditama.
Tayibnapis. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Cetakan I, Jakarta: Rineka Cipta .
Usman H, (2009). Tahapan PRAKERIN. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. ( 1996). Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tersito
Wijatno, S. (2009) Pengelolaan Perguruan Tinggi Secara Efisien, Efektif, dan Ekonomis: Untuk Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan dan Mutu Lulusan
wimbang, Jerry. 2013 Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya di Bidang Pendidikan. Bandung: Alphabet.
Wirawan, 2011. Evaluasi Teori, Model Standar, Aplikasi dan Propesi. PT Rajagrafindo Persada
Wothen, B.R. & Standers, J.R (1981) Educational: Theory and Practice, Whortingson: Charles A. Jones Publishing Company.
Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Balai Puataka.
Copyright (c) 2021 Annisa Oktaviany Katili, Fory Armin Naway, Nina Lamatenggo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.