Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo

  • Lian Ariska Ngaibo Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Kadim Masaong Universitas Negeri Gorontalo
  • Besse Marhawati Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Evaluasi, Supervisi, Kepala Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Conteks Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo, (2) Input Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo,(3) Proses Implementasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo, (4) Product Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo. Penenlitian ini menggunakan metode evaluasi CIIP, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 40 orang, dengan menggunakan Teknik kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Conteks Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori Semua terpenuhi, (2) Input Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori Semua terpenuhi, (3) Proses Implementasi Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori Semua terpenuhi, (4) Product Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiya Muhammadiya Unggulan Kota Gorontalo berada pada kategori Terpenuhi.

Saran : (1) Bagi Kepala Sekolah diharapkan lebih mengetahui dan memahami program pelaksanan supervisi selaku penanggung jawab program tersebut kiranya kepala sekolah sudah lebih menguasai program tersebut dan lebih khususnya memahami program pelaksanaan supervisi tidak hanya menyerahkan semua tanggung jawab kepada operator, (2) Bagi Operator diharapkan Supervisi/bimbingan perencanaan dilakukan di  KKG tingkat sekolah  untuk pelaksanaan supervisi manajerial hendaknya dilaksanakan oleh pengawas yang menguasai bidangnya disupervisi sehingga dapat memberikan pembinaan yang efektif terhadap tenaga kependidikan yang disupervisi, (3) Bagi Guru diharapkan bagi guru bisa lebih meningkatkan secara terus menerus kemampuan guru dalam melakukan  proses pembelajaran. (4) Bagi Siswa diharapkan bagi peserta didik lebih aktif dan semangat bahkan harus berpikir dalam menyelesakan tugas, tidak hanya menggunakan bahan yang sudah ada ditetapkan atau sekedar mengikuti prosedur yang telah di tetapkan unutk mengembangkan kompetensi siswa dalam berbagai aspek.

 

References

Apriyanto, and S. H. Eko Supriyanto. Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Guru (Studi Kasus MI Muhammadiyah PK Kartasura). Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Sarifuddin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Jabar. 2009 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta:Bumi Aksara
Astuti, Suhandi. "Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di sd laboratorium uksw." Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6.1 (2016): 117-126.
Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan Kompetensi Guru Di SD laboraturium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7 (1), 49-59.
Darwin dan Irsan.2012. Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengawasan. Medan: Unimed Press.
Gunawan, Imam. "Pendekatan Alternatif dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran." Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 1.02 (2016).
Marhawati, Besse.”Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif.” JMSP (Jurnal Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pendidikan) 4.2 (2020): 71-76.
Masaong Abdul Kadim.2013. Supervisi Pembelajaran dan Pembangunan Kapasitas Guru Dengan Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung.Alfabeta.
Murniati, A. R. "Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Smp 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar." Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 3.2 (2015).
Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIIP): Model Evaluasi Layanan Informasi. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling(Vol. 1, No. 1, pp. 342-347).
Sahertian Piet, A.2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta : Rineke Cipta.
Waluya, Jaka. "Supervisi pendidikan pada sekolah dasar." PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) 1.1 (2013): 34-42.
Worthen, B dan Sanders. 1973. Educational Evaluation Alternative Approaches and Practical. Newyork: Longman.
Yusak, Lindawati, and I. Putu Ayub Darmawan. "Supervisi Kepala Sekolah Di SD Negeri Kalongan 02, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur." Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers. 2017
Published
2021-12-31
Section
Articles