Pengaruh Kecerdasan Emosional Dosen, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 2) Pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 3) Pengaruh langsung pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 4) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, 5) Pengaruh langsung komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik analisis path (jalur). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data (1) uji kualitas instrumen menggunakan uji validitas pearson, reabilitas cronbach alpa; (2) analisis deskriptif; (3) uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas; (4) analisis path dengan matriks korelasi; (5) uji hipotesis dengan uji parsial dan simultan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. (2) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar mahasiswa. (3) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa. (4) terdapat Pengaruh langsung positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dosen terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. (5) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Untuk disarankan: (1) Pimpinan fakultas untuk lebih memantau kinerja dari dosen-dosen mata kuliah, melakukan pelatihan dan pengajaran kepada dosen-dosen sesuai bidang dalam menyukseskan dan menyelesaikan pekerjaan untuk memberikan pembelajaran yang efektif kepada mahasiswa; (2) Dosen atau tenaga pendidik lebih meningkatkan kedisiplinan serta tanggungjawabnya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dengan tepat; (3) Mahasiswa lebih mengoptimalkan kemampuan diri dengan mengimplementasikan setiap ilmu yang didapatkan; (4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dosen, komunikasi interpersonal, pelaksanaan pembelajaran daring, dan motivasi belajar mahasiswa dengan menambahkan faktor-faktor lain.
References
Djafri, Novianty. 2015. Pengaruh Pengetahuan Manajemen Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Di Provinsi Gorontalo. Seminar Nasional Riset Inovatif Vol 4, Tahun 2015
Djafri, Novianty. 2016. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Edi, Syarwani. (2016:2). Komunikasi Antar Pribadi: Perilaku Insani Dalan Organisasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Masaong, A. K. & Tilome, A. 2014. Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan Yang Gemilang). Bandung: Alfabeta.
Maemunah, M., Herman, H., & Rahmatullah, R. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Berfikir Logis Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 66-73.
Mantu, A., Masaong, A.K., & Anismantu, A. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual terhadap pengembangan karakter guru sekolah dasar negeri di kecamatan botumoito. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Vol. 3 No. 1 (2).
Masiaga, F., Masaong, A.K., & Arsyad, A. (2018). Pengearuh Perilaku Kepemimpinan Visioner, Budaya Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Etos Kerja Guru (Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Bualemo). Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Vol. 3 No. 1 (2).
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi Dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali
Sitepu, (2012). Hubungan Motivasi Dengan Penerapan Komunikasi Terapeutik. Jakarta: EGC
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Copyright (c) 2021 I Putu Agus Artana Yasa Yasa, Abdul Kadim Masaong; Intan Abdul Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.