Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) Penerapan penjaminan mutu proses pembelajaran pada sekolah menengah pertama negeri 1 dan 6 Kota Gorontalo, (2) Penerapan penjaminan mutu sarana dan prasarana pada sekolah menengah pertama negeri 1 dan 6 Kota Gorontalo, (3) Penjaminan penjaminan mutu tenaga pendidikan dan kependidikan pada sekolah menengah pertama negeri 1 dan 6 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data melalui wawancara sebanyak 12 informan guru yang ada di 2 sekolah, dan melalui observasi serta data dayng mendukung penelitian serta dokunetasi yang di SMP Negeri 1 dan 6 Kota Gorontalo. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunakan pengamat dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran yang ada pada SMP Negeri 1 Kota Gorontalo sudah berbasis TIK, tetapi belum sepenuhnya. Karena sekolah belum cukup memiliki media pembelajaran yang lengkap dan masih memiliki keterbatasan perangkat IT yang sedia dalam proses belajar mengajar. SMP Negeri 6 Kota Gorontalo dalam penerapan penjaminan mutu proses pembelajaran berbasis TIK, tetapi belum sepenuhnya karena sekolah belum cukup memiliki media pembelajaran yang memadai, (2) Sarana dan prasarana yang ada pada SMP Negeri 1 Kota Gorontalo sudah memadai tetapi masih ada yang perlu ditinjau kembali seperti, ruang perpustakaan yang belum dilengkapi dengan teknologi e-library dan belum seluruh ruang kelas yang dilengkapi dengan LCD/proyektor. Demikian halnya di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo sudah memadai tetapi masih ada yang harus di tinjau kembali, maka sekolah akan merencanakan program untuk menindaklanjuti keterbatasan sarana prasarana yang ada pada sekolah, (3) Perlu adanya tambahan tenaga pendidikan pada SMP Negeri 1 Kota Gorontalo mengingat terlalu banyak siswa dan, sekolah hanya memiliki sedikit tenaga pendidik yang ada pada sekolah tersebut. Sama halnya di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo, memerlukan tambahan tenaga pendidik mengingat banyaknya siswa yang ada di sekolah tersebut. Dalam mengembangkan program penjaminan mutu pendidikan dalam hal ini nutu pendidik dan kependidikan yaitu melalui kegiatan-kegiatan seminar yang bisa diikuti oleh guru karena tidak semua guru yang ada pada sekolah ini sudah terlatih dengan baik.
References
Fattah, Nanang. 2012. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Frymier, J., Combleth, C., & Donmeyer, R., Gansneder, B.M., Jefer, J.T., Klein, M.F., Schwab, M., & Alexsander, W.M. 1984. One Hundred Good School. West lafayette, Indiana: Kappa Delta Pi.
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia Guru dan Dosen, (Bandung: Nuansa Aulia, 2006), Cet. 3, hlm.5
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan PembelajaranKreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakrya, Cet. 1, hlm. 187-190
Oemar, hamalik. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan Kompetensi, (Jakarta: Bumi Aksara), Cet.3, hlm.38
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 203 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Permendiknas No.63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP).
Renstra KemenDikNas Tahun 2010-2014.
Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pmeberdayaan Potensi Sekolahdalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sallis, E. 2007. Total Quality Management In Education; Manajemen Mutu Pendidikan. Ircisod: Jogyakarta.
Smaldino Sharon, Deborah and Russel, Instruction Technology and Media for Learning 2008. (New Jersey : Colombo, Ohio Pearson Merril Prentice Hal), hal. 12.
Munir, 2008. Kurikulum berbasis TIK (Sps Universitas Pendidikan Indonesia), Hal. 28.
Copyright (c) 2021 Meliandawati Ayuba, Arwildayanto Arwildayanto, Besse Marhawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



