Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru

  • Fadrian Lahakim Universitas Negeri Gorontalo
  • Ansar Ansar Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
  • Besse Marhawati Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: gaya Kepemimpinan, iklim organisasi, motivasi kerja guru, kepuasan kerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Guru di SDN Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (2) pengaruh iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru di SDN Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. (3) pengaruh motivasi kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Guru di SDN Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.(4) pengaruh gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru di SDN Se Kecamatan Kota tengah Kota Gorontalo. (5) pengaruh iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru di SDN Se Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang di gunakan yaitu kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1)  gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja guru berpengaruh langsung positif dengan nilai keofisien 0,784 atau 78 %. (2) iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru berpengaruh langsung positif dengan nilai keofisien 0,73 atau 73%. (3) motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru berpengaruh langsung positif dengan nilai keofisien 0,12 atau 12%. (4) gaya kepemimpinan dengan motivasi kerja guru berpengauh langsung positif dengan nilai keofisien 0,547 atau 54%. (5) Iklim Organisasi dengan Motivasui Kerja Guru berpengaruh langsung positif dengan nilai keofisien 0,33 atau 33%. Untuk itu di sarankan : (1) bagi kepala sekolah di harapkan melakukan program untuk mencapai gaya kepemimpina dan  iklim organisasi serta motivasi  kerja guru yang aman nyaman dan disiplin guna mendorong kepuasan kerja guru. (2) bagi guru di harapkan mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar. (3) baga peneliti lainnya diharapkan dapat lebih memperdalam analisis mengenai gaya kepemimpinan, iklim organisasi, motivasi kerja guru, dengan kepuasan kerja guru dengan menggunakan sampel yang lebih besar, serta mengembangkan perspektif yang diteliti lebih luas

References

Gunawan, I. 2016. Membangun pencitraan publik Lembaga Pendidikan, (online) (http://masimamgu.blogspot.co.id/2016/02/membangun-pencitraan-publik-lembaga.html), di akses 10 februari 2016.
Gusti messa 2012 media jurnal penelitian. Pengaruh Kedesiplinan, Motivasi Kerja Dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru SMK 1 Purwerejo Pasca Sertifikasi di akses 8 april 2014
Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Harini, I.N, dan Karwanto 2014, Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya peningkatan kepuasan kerja guru (studi kasus di SD Al-hikmah Surabaya). Jurnal inspirasi Manajemen Pendidkan, (http://ejournal.unesa.ac.id/article/10082/16/article.pdf), di akses 10 februari 2017
Haris Abdul, 2014. Tesis Peran Kepuasan Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Online di akses 26 februari 2015.
Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal penelitian pendidikan. Jakarta : PT Indeks.
Koesmono, T. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pada Sub Sektor Industry. Jurnal Ekonomi manajemen & kewirausahaan, Jakarta : Rineka cipta.
Lisabe. M. 2015 Hubungan pengandalian konflik dan iklim oganisasi dengan dengan kepuasan kerja dosen. Ghalia Indonesia, Bogor.
Masaong Abd Kadim 2012. supervise pembelajaran dan pengembangan kapasitas guru. Memberdayakan pengawas sebagai gurunya guru. Bandung : Alfabeta.
Masaong, Abdul Kadim dan Tilome, Arfan. 2011. Kepemimpinan berbasis multiple intelligence. Bandung : Alfabet.
Thoha Mifta,. 2012. Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta, Raja Grafindo persada
Moeheriono, 2012. Pengukuran kinerja berbasis kompensasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Moekijat. 2002. Dasar-dasar Motivasi. Jakarta: Penerbit Pionir Jaya.
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan mengefektifkan organisasi. Yogyakarta : Gaja Mada University press.
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Budaya organisasi. Jakarta : Rineka cipta.
Published
2022-06-17
Section
Articles